Boyolali Gelar Gebyar Padusan Sambut Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Ahad 10 Mar 2024 01:29 WIB

Seorang pengunjung melompat ke dalam air saat tradisi padusan di Umbul Ngabean, Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (1/4/2022). Tradisi padusan dilakukan masyarakat setempat guna menyambut bulan ramadhan. Foto: ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho Seorang pengunjung melompat ke dalam air saat tradisi padusan di Umbul Ngabean, Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (1/4/2022). Tradisi padusan dilakukan masyarakat setempat guna menyambut bulan ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Pemerintah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah menggelar tradisi Gebyar Padusan menyambut Ramadhan 1445 Hijriyah di tempat wisata Pemandian Tirtomarto Pengging, Kecamatan Banyudono, Sabtu (9/3/2024).

Kegiatan itu diawali dengan kirab budaya dilanjutkan upacara mandi oleh Mas dan Mbak Boyolali di Umbul Ngabean Tirtomarto Pengging. Upacara mandi ini sebagai simbol penyucian diri sebelum warga menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga

Bupati Boyolali M Said Hidayat mengapresiasi Gebyar Padusan dan Kirab Budaya 2024. Acara ini diselenggarakan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar).

"Kami mengucapkan bersyukur karena pelaksanaan Gebyar Padusan menjelang bulan Ramadhan 2024 ini dapat dilaksanakan dengan lancar dan baik," katanya.

Ia berharap, daerah setempat terus menjaga dan melestarikan seni, budaya, dan tradisi. Ia juga menyampaikan selamat kepada umat Islam setempat yang akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

"Tentunya dengan ketulusan dan keikhlasan menjalankan ibadah dan doa dipanjatkan untuk Kabupaten Boyolali semakin baik ke depan. Masyarakat juga semakin sehat dan kesejahteraan terus meningkat serta kemiskinan dapat ditekan," katanya.

Gebyar Padusan digelar secara meriah di dua lokasi...