Mengapa Harus Berlomba-lomba Khatam Alquran Saat Ramadhan?

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 09 Mar 2024 04:05 WIB

Ratusan muslimah membaca Alquran. Foto:

1

Umat Islam harus bisa memahami pesan-pesan yang terkandung dalam Alquran lalu menghayatinya di dalam kehidupan sehari-hari. Sebab akhlak Nabi Muhammad tercermin di dalam Alquran.

"Kalau baca Alquran kita sedang diajak bicara dengan Allah. Kalau kita sedang sholat kita sedang bicara dengan Allah," kata Kiai Cholil.

Maka dari itu sangat jelas petunjuknya apabila ingin dekat dengan Allah, yaitu rajin sholat dan memperbanyak membaca Alquran pada bulan Ramadhan. Kiai Cholil mengajak umat Islam agar memaksimalkan kesempatan melipatgandakan pahala pada bulan Ramadhan.

Kiai Cholil meminta agar menyucikan lahir dan batin selama Ramadhan. Segala kebencian yang tertanam di hati efek dari pemilu agar dibuang sehingga amal ibadahnya pada bulan Ramadhan berjalan dengan baik.

Maulana Muhammad Zakariya Kandahlawi dalam bukunya Fadhilah Ramadhan mengatakan memperbanyak membaca Alquran pada bulan Ramadhan diniatkan bukan sekadar khatam. Ini sebagai dorongan meneladani perbuatan mulia Nabi Muhammad dan para ulama.

Selanjutnya...

Terpopuler