Tak Ingin Mengantuk dan Lemas Saat Puasa Ramadhan? Jangan Lakukan Kesalahan Ini

Red: Reiny Dwinanda

Jumat 08 Mar 2024 16:34 WIB

Pria tertidur di siang hari saat berpuasa (ilustrasi). Sebagian orang ada yang mudah merasa mengantuk dan lemas saat berpuasa. Foto: www.freepik.com Pria tertidur di siang hari saat berpuasa (ilustrasi). Sebagian orang ada yang mudah merasa mengantuk dan lemas saat berpuasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang ada yang mudah merasa mengantuk dan lemas saat berpuasa. Rasa ingin memejamkan mata biasanya semakin sulit dilawan ketika siang hari.

Apakah makan sahur terlalu banyak yang menjadi penyebabnya? Menurut dokter, mengonsumsi nasi dengan lauk lengkap saat sahur tidak akan membuat orang mudah mengantuk saat beraktivitas pada siang hari.

Baca Juga

Lalu, apa penyebab mengantuk? Dokter spesialis gizi klinis Gaga Irawan Nugraha menjelaskan biang keladinya bukan nutrisi melainkan kurang istirahat atau kurang bergerak.

Berkurangnya waktu istirahat selama satu bulan berpuasa adalah wajar secara fisiologis. Dokter Gaga menyarankan agar setelah sholat tarawih, yakni sekitar 21.00 sampai 22.00 WIB, segera tidur untuk persiapan sahur.

Dokter Gaga juga mengingatkan bahwa selama berpuasa, seseorang tetap perlu berolahraga secara teratur. Olahraga teratur diperlukan selama berpuasa karena tubuh harus bergerak untuk menghasilkan glukosa yang menambah energi dari pemecahan lemak dan glikogen.

Terpopuler