Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadhan

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 06 Mar 2024 15:35 WIB

Siswa penyandang disabilitas membaca Alquran (tadarus) menggunakan bahasa isyarat. Foto:

1

Kiai Cholil melanjutkan keutamaan ketiga tentang keutamaan membaca Alquran pada bulan Ramadhan karena pada bulan ini semua kebaikan dilipatgandakan pahalanya hingga tak terbatas. Keistimewaan ini tidak ada di luar bulan Ramadhan.

Oleh karena itu, Kiai asal Sampang, Madura ini mengatakan Alquran yang suci dan dibaca pada bulan suci lalu bertemu dengan Allah yang Maha Suci, maka tentu pahalanya akan berlipat-lipat. Itu sebabnya Ramadhan disebut sebagai bulan Alquran.

"Karena memang turunnya Alquran kemudian kita lebih bersih dengan Alquran karena Allah itu suci maka kita mendekati dengan cara suci itu lebih baik yang ketiga tentu melipatganda pahala," kata Kiai Cholil.

Maulana Muhammad Zakariya Kandahlawi dalam bukunya Fadhilah Ramadhan menjelaskan juga tentang beberapa keutamaan Ramadhan. Menurutnya, di antara keutamaan ramadhan yaitu bulan berkah. Maulana Muhammad merujuk pada khutbah Nabi Muhammad pada akhir bulan Sya'ban yang menyebutkan beberapa keutamaan Ramadhan.

Memperbanyak amalan sunnah sangat dianjurkan dilakukan pada bulan Ramadhan. Selain itu, Ramadhan juga bulan di mana rezeki umat ditambahkan. Dan pintu ampunan atas dosa-dosa yang diperbuat terbuka lebar.

Terpopuler