Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadhan

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 06 Mar 2024 15:35 WIB

Siswa penyandang disabilitas membaca Alquran (tadarus) menggunakan bahasa isyarat. Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA Siswa penyandang disabilitas membaca Alquran (tadarus) menggunakan bahasa isyarat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam berbondong-bondong memperbanyak amal kebaikan pada bulan Ramadhan. Sebab di bulan ini segala amal pahalanya akan dilipatgandakan. Salah satu amal yang dianjurkan adalah membaca Alquran.

Bagi umat yang beriman membaca kitab suci Alquran merupakan sebuah keharusan. Di dalam Alquran terkandung pedoman-pedoman hidup yang patut diambil pelajaran.

Baca Juga

Dan bagi yang membacanya juga akan mendapatkan pahala. Jika membaca pada bulan Ramadhan akan mendapatkan keutamaan yang besar. Apa itu?

Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis menjelaskan ada beberapa keutamaan membaca Alquran pada bulan Ramadhan. Pertama, Kiai Cholil mengatakan pada bulan Ramadhan terdapat momen sangat spesial dalam sejarah Alquran yakni kitab suci ini turun pada bulan Ramadhan.

Kedua, posisi seseorang sedang dalam keadaan bersih. Ia mengatakan segala aktivitas baik pada bulan ini bermakna semata-mata karena Allah seperti lapar sebab berpuasa itu karena Allah.

"Pada saat kita membaca firman Allah, kita sedang diajak bicara oleh Allah," ujar Kiai Cholil kepada Republika.co.id, Selasa (5/3/2024).

Kiai Cholil melanjutkan keutamaan...