Lima Adab Muslim Ketika Sedang Berpuasa

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 05 Mar 2024 15:47 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto:

1

2. Tidak melewatkan makan sahur

Makan sahur hukumnya sunnah. Meskipun tidak wajib, tetapi makan sahur termasuk adab dan merupakan sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan walaupun hanya dengan seteguk air karena dalam sahur terdapat keberkahan.

Disunnahkan pula agar mengakhirkan sahur sesaat sebelum fajar, karena Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dan Zaid bin Tsabit Radhiyallahu ‘anhu melakukan sahur ketika selesai makan sahur Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bangkit untuk sholat subuh, dan jarak (selang waktu) antara sahur dan masuknya shalat kira-kira lamanya seseorang membaca lima puluh ayat Alquran.

Anas Radhiyallahu 'anhu meriwayatkan dari Zaid bin Tsabit Radhiyallahu 'anhu: "Kami makan sahur bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam kemudian beliau sholat." Aku tanyakan (kata Anas), "Berapa lama jarak antara adzan dan sahur?" Zaid menjawab, “kira-kira 50 ayat membaca Alquran" (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Menjalankan ibadah yang hukumnya wajib seperti sholat 5 waktu

Selama menjalankan ibadah puasa hendaknya tidak malas untuk mengerjakan ibadah-ibadah lain yang hukumnya wajib seperti sholat 5 waktu. Banyak kaum muslimin yang berpuasa, namun masih malas untuk mengerjakan sholat.

Fenomena seperti ini masih banyak di temukan dikalangan masyarakat. Untuk itu, dalam menjalankan adab ketika berpuasa hendaknya setiap orang yang berpuasa agar tidak malas apalagi meninggalkan sholat fardlu. Alangkah lebih indah, jika kita juga bisa turut mengingatkan yang lain untuk tidak meninggalkan sholat fardlu.

4. Menahan diri dari kata-kata yang sia-sia dan kotor

Termasuk adab ketika berpuasa adalah menjaga lisan, yaitu menahan diri dari perkataan yang sia-sia dan kotor seperti ghibah, berbohong, mencaci maki atau menyanyikan lagu-lagu yang tidak mendatangkan pahala sama sekali selama berpuasa.

5. Memperbanyak ketaatan kepada Allah Ta'ala dan menjauhi maksiat

Ketika berpuasa hendaknya kita berusaha memperbanyak amalan-amalan yang dianjurkan sebagai bentuk ketaatan kepada Allah Ta'ala. Di antara amalan ibadah yang dianjurkan ketika berpuasa adalah membaca Alquran sambil mentadabburi dan mempelajarinya, sedekah, dzikir dan qiyamul lail seperti shalat tarawih, tahajud, dan witir. Orang yang berpuasa juga harus menjauhi diri agar tidak melangkah ke tempat-tempat maksiat dan dosa, untuk menjaga kesempurnaan ibadah puasa."