Lima Adab Muslim Ketika Sedang Berpuasa

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 05 Mar 2024 15:47 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sesungguhnya setiap ibadah terdapat hukum dan adab yang perlu diperhatikan oleh seorang hamba yang hendak melaksanakannya. Terlebih lagi jika ibadah tersebut adalah ibadah yang sangat agung dan memiliki keistimewaan tersendiri, seperti ibadah puasa.

Diriwayatkan dari Abi Hurairah ra, beliau berkata Rasulullah SAW bersabda: “Allah SWT berfirman: “Semua amal ibadah anak Adam untuk mereka sendiri kecuali puasa. Sesungguhnya puasa untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.”

Baca Juga

Puasa merupakan ibadah yang besar balasan pahalanya dan tidak terukur dengan jumlah, serta tidak ada yang mengetahui besarnya kadar balasan pahala puasa kecuali Allah Subhanahu wata'ala.

Suatu ibadah yang memiliki keistimewaan seperti itu sangat perlu kila lakukan adabnya dengan sebaik-baiknya. Adapun adab-adab ketika berpuasa adalah sebagai berikut, dikutip dari Pelajaran Adab Islam 1 oleh Suhendri dan Ahmad Syukri.

Adab Puasa Ramadhan

1. Berniat pada waktu malam

Di antara adab berpuasa adalah berniat pada malam hari. Dalam hal niat, cukup dalam hati dan tidak perlu melafalkannya (mengeluarkan dengan suara). Apalagi mengkhususkan bacaan tertentu.

Selanjutnya...

Terpopuler