Arab Saudi Instruksikan Buka Puasa Bersama Digelar di Halaman Masjid

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 05 Mar 2024 14:31 WIB

Muslim di Jeddah, Arab Saudi, berbuka puasa Ramadhan bersama-sama. (ilustrasi) Foto:

1

Para imam juga diarahkan untuk terus membacakan kitab-kitab yang bermanfaat bagi jamaah masjid setelah sholat fardhu, terutama yang berkaitan dengan ketentuan dan tata cara puasa, keutamaan bulan suci, dan ketentuan yang berkaitan dengannya, di samping topik-topik yang ada dalam kebutuhan masyarakat.

Para imam dan muadzin masjid jugaa diminta untuk mencegah para pengemis mengemis di masjid-masjid dan lapangan di sekitarnya. Harus memberikan edukasi kepada para jamaah masjid tentang dampak sosial, ekonomi dan keamanan dari mengemis serta memperjelas larangan mengemis. Juga meminta jamaah untuk menyalurkan sedekah atau sumbangan dana mereka melalui platform resmi yang terpercaya.

Pihak penanggungjawab masjid juga harus menekankan kepatuhan terhadap aturan itikaf. Imam masjid bertanggung jawab atas pelaksanaan itikaf.

Kementerian Saudi juga menekankan kepada para pelayan masjid, lembaga pemeliharaan dan pembersihan, soal pentingnya memastikan kebersihan masjid, dan tempat sholat wanita serta berupaya mempersiapkannya.

Adapun bagi para pemeriksa, harus mengintensifkan kunjungan lapangan untuk menindaklanjuti kinerja perusahaan pembersihan dan pemeliharaan serta kepatuhan pegawai masjid terhadap instruksi.

Terpopuler