'Hidangan Tuhan', Tradisi Takjil Bersama di Arab Saudi Termasuk Masjidil Haram dan Nabawi 

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah

Selasa 05 Mar 2024 13:05 WIB

Umat Islam menanti waktu berbuka puasa dengan takjil yang dibagikan warga Madinah di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Foto:

1

 

Makanan buka puasa harus mencakup kurma, jus, kopi, air, yoghurt, dan roti. Sejumlah besar pemuda menjadi sukarelawan untuk membantu mengatur makan buka puasa. Mereka menghadiri program pelatihan yang ditawarkan oleh kepresidenan untuk siapa saja yang bersedia membantu mengatur makanan.

Tradisi ini sempat terhenti selama pandemi Covid-19 dua tahun lalu. Namun Pemerintah Arab Saudi kembali membuka dua masjid suci untuk pelaksanaan tarawih dan menyiapkan takjil buka puasa pada Ramadhan 2023. 

Dilansir dari Gulf News, penyedia makanan berlisensi telah menyajikan 1,3 juta makanan buka puasa kepada jamaah di Masjid Nabawi di kota Madinah selama 10 hari pertama bulan suci Ramadhan.

Tradisi yang dihidupkan kembali diamati di bawah pengawasan Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci di Arab Saudi. Pegawai dari instansi dan relawan yang kompeten bertugas mengatur akses jamaah ke Masjid Nabawi dan menindaklanjuti penyajian makanan berbuka puasa serta membersihkan tempat shalat dalam waktu singkat setelah berakhirnya waktu buka puasa.

Sekitar 1,2 juta botol air Zamzam juga dibagikan kepada jamaah di masjid dan pengunjung selama 10 hari pertama Ramadhan. Selain itu, ada sekitar 14 ribu wadah Zamzam dipasang di seluruh masjid dan diisi ulang tiga kali sehari untuk melayani jamaah. 

Sedangkan aturan terbaru untuk Ramadhan mendatang, Otoritas Umum untuk Urusan Masjdil Haram dan Masjid Nabawi telah mengeluarkan pedoman pemberian takjil buka puasa. Otoritas telah menyediakan aplikasi untuk penyedia layanan makanan buka puasa di Masjidil Haram selama Ramadhan agar mendaftar melalui aplikasi tersebut. 

 

Filantropis individu terbatas pada dua sufra, sementara organisasi amal dan sumbangan dapat meminta hingga 10 sufra. Makanan, yang terdiri dari barang-barang seperti kurma, kue, kue kering, dan jus, harus mematuhi ketentuan pengemasan yang disetujui yang tersedia di tautan elektronik selanjutnya. 

photo
Persiapan Menyambut Ramadhan (ilustrasi). - (Dok Republika)

Terpopuler