Penjualan Makanan Manis di E-commerce Naik Jelang Ramadhan, Shopee Mendominasi

Red: Ani Nursalikah

Senin 04 Mar 2024 00:14 WIB

Makanan manis (ilustrasi) Foto: www.pixabay.com Makanan manis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei yang dilakukan perusahaan analisis big data Compas menunjukkan penjualan produk makanan dan minuman, terutama yang manis di platform perdagangan elektronik (e-commerce) mengalami peningkatan menjelang bulan Ramadhan.

Co-Founder dan CEO Compas Hanindia Narendrata menjelaskan produk minuman cokelat mengalami peningkatan paling tinggi dibanding jenis makanan dan minuman lainnya pada Februari 2024. Penjualan produk tersebut meningkat 75 persen ke angka 158 ribu produk atau meningkat sekitar 60 ribu produk dibanding periode sama bulan sebelumnya.

Baca Juga

"Kami memahami masyarakat yang tengah bersiap-siap untuk memasuki bulan Ramadhan. Di Indonesia sendiri terdapat tradisi untuk konsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka puasa," kata Narendrata dalam keterangan resminya, Jumat (1/3/2024).

Adapun survei tersebut dilakukan dengan memantau penjualan produk makanan dan minuman pada sejumlah platform perdagangan elektronik, yakni Shopee, Tokopedia, dan Blibli sejak 1-25 Februari 2024 dan di TikTok Shop pada 2-25 Februari 2024.

Narendrata menjelaskan produk-produk lain yang mengalami lonjakan penjualan sepanjang periode Februari 2024, di antaranya sub kategori selai olesan serta coklat kemasan. Jumlah produk terjual pada selai olesan mengalami kenaikan sebanyak 49 persen dibanding bulan sebelumnya ke angka 377 ribu produk atau meningkat sekitar 125 ribu produk.

Pada periode jelang Ramadhan di tahun 2024, sub kategori cokelat kemasan juga turut meningkat 48 persen ke angka 860 ribu produk, atau meningkat sekitar 300 ribu produk dibanding bulan sebelumnya.

Adapun kategori makanan dan minuman dengan jumlah penjualan tertinggi pada riset ini didominasi oleh makanan beku dengan 3,1 juta jumlah produk terjual, meningkat 1 persen dari atau naik sekitar 32 ribu produk.

Kemudian, disusul bumbu instan dengan 1,1 juta produk, meningkat 2 persen atau naik 22 ribu produk dibanding periode yang sama di bulan sebelumnya.

Shopee masih menjadi platform perdagangan elektronik yang paling diminati dengan pangsa pasar di sektor makanan dan minuman sebesar 56,9 persen. Kemudian, disusul oleh Tokopedia 24,5 persen dan TikTok Shop 18,6 persen.