Mengapa Kurma Jadi Sajian Populer Saat Ramadhan?

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 27 Feb 2024 14:44 WIB

Seseorang memegang buah kurma sambil berdoa saat berbuka puasa di Masjid Rawdah di Bradford, Inggris, Ahad (9/4/2023). Foto:

1

Kurma Buah Kesukaan Nabi Muhammad SAW

Namun, sebenarnya, kurma bukanlah makanan yang hanya ada di bulan Ramadhan saja. Kurma merupakan buah kegemaran Nabi SAW sehingga Siti Aisyah pun akan selalu memiliki buah kurma di rumahnya.  

Dikutip dari Mukjizat Kedokteran Nabi: Berobat dengan Rempah dan Buah-buahan oleh Mahir Hasan Mahmud Muhammad, dari Anas berkata, “bahwa Rasulullah SAW sarapan pagi dengan kurma sebelum beliau sholat. Jika tidak dengan kurma matang, maka beliau makan kurma mentah. Jika tidak ada kurma mentah, maka Nabi sarapan dengan air kurma.” (HR Ahmad dan Abu Dawud).

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Tentang kurma matang, Ibnu Al-Qayyim dalam bukunya Zad Al-Ma'ad menyatakan kurma matang memperkuat perut yang dingin dan menyegarkan badan. Buah kurma adalah induk dari segala buah dan merupakan buah paling agung.

Buah kurma menguatkan ginjal dan menghaluskan pencernaan. Mengonsumsinya pada waktu sarapan dapat membunuh ulat.

Kurma adalah makanan bergizi, minuman, dan manis-manisan. Kandungan yang terdapat di dalam buah kurma sangat baik untuk mengembalikan kadar gula dalam tubuh, sehingga g baik dikonsumsi ketika berbuka puasa.

Nabi SAW berbuka puasa dengan kurma...

 

Terpopuler