Mengapa Kurma Jadi Sajian Populer Saat Ramadhan?

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 27 Feb 2024 14:44 WIB

Seseorang memegang buah kurma sambil berdoa saat berbuka puasa di Masjid Rawdah di Bradford, Inggris, Ahad (9/4/2023). Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN Seseorang memegang buah kurma sambil berdoa saat berbuka puasa di Masjid Rawdah di Bradford, Inggris, Ahad (9/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang bulan suci Ramadhan, berbagai jenis kurma mulai banyak dijajakan di pasar, swalayan, maupun toko makanan. Kurma seakan menjadi menu wajib bagi umat Islam untuk berbuka puasa.

Kegemaran mengonsumsi kurma di bulan Ramadhan ini, tentu saja karena kecintaan umat Islam untuk selalu mengikuti sunnah-sunnah Nabi SAW karena kebiasaan Nabi saw pun ketika berbuka puasa selalu dengan kurma.

Baca Juga

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Selasa, Mayoritas Wilayah Berawan

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

ﻛَﺎﻥَ ﺭَﺳُﻮ ﻝُ ﺍﻟﻠِّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪً ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳُﻔْﻄِﺮُ ﻋَﻠَﻰ ﺭُﻃَﺒَﺎﺕٍ ﻗَﺒْﻞَ ﺃَﻥْ ﻳُﺼَﻠِّﻲَ ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﺗَﻜُﻦْ ﺭُﻃَﺒَﺎ ﺕٌ ﻓَﻌَﻠَﻰ ﺗَﻤَﺮَﺍﺕٍ ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢ ﺗَﻜُﻦْ ﺣَﺴَﺎ ﺣَﺴَﻮﺍﺕٍ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﺀٍ

“Rasulullah SAW berbuka dengan beberapa butir kurma basah (ruthab) sebelum dia sholat, namun jika (memiliki kurma basah) beliau berbuka dengan kurma kering (tamr), dan bila tidak didapatkan pula itu, beliau hanya meneguk air.” (HR. Ahmad, Abu Dawud)

Hadits ini sangat populer di kalangan umat Islam selama bulan Ramadhan. Sehingga tidak heran untuk menyambut puasa ini, umat Islam akan mulai menyetok buah kurma untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Kurma buah kesukaan Nabi SAW...

Terpopuler