Empat Cara Agar Ibadah Tetap Stabil Usai Ramadhan

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 30 Apr 2023 03:50 WIB

Jamaah membaca Alquran saat beritikaf di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (14/4/2023) dini hari. Empat Cara Agar Ibadah Tetap Stabil Usai Ramadhan Foto:

1

2. Membaca dan Belajar Menghafal Alquran

Langkah pertama untuk menjaga momentum Ramadhan adalah terus memelihara hubungan dengan Alquran. Mungkin kita tidak dapat mempertahankan jumlah bacaan Alquran seperti Ramadhan, tetapi kita dapat mencoba setidaknya membaca dua halaman sehari.

Abdullah Ibn Amr Ibn Al-`As Ra melaporkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Orang yang bertaqwa kepada Al-Quran akan diberitahukan pada hari kiamat: Bacalah dan naiklah (dalam derajat). Bacalah seperti yang biasa Anda baca ketika Anda berada di kehidupan pertama (dunia). Peringkat Anda akan berada di ayat terakhir (ayah) yang Anda baca.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

3. Berpuasa

Perbedaan utama yang membedakan Ramadhan dengan bulan-bulan lainnya adalah puasa. Puasa tidak diragukan lagi bermanfaat bagi kesehatan rohani dan jasmani kita.

Jadikan puasa sebagai rutinitas sepanjang tahun ini. Karena itu, banyak umat Islam yang memulainya dengan menjalankan 6 hari puasa Syawal yang dikerjakan sejak 2 Syawal. Keutamaan dari puasa Syawal tersebut telah disebutkan dalam hadist:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْر

Artinya: "Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka baginya (pahala) puasa selama setahun penuh." (HR Muslim).

Selain melaksanakan syawal, juga sangat dianjurkan untuk berpuasa pada hari Senin dan Kamis