Macet Total, Kapolres Cilegon Imbau Wisatawan Anyer Pakai Jalur Alternatif

Red: Bilal Ramadhan

Senin 24 Apr 2023 16:12 WIB

Sejumlah kendaraan wisatawan terjebak kemacetan di Pandeglang, Banten menuju kawasan wisata Pantai Anyer dan Carita. Kapolres Cilegon mengimbau wisatwan Anyer pakai jalur alternatif karena terjadi macet Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas Sejumlah kendaraan wisatawan terjebak kemacetan di Pandeglang, Banten menuju kawasan wisata Pantai Anyer dan Carita. Kapolres Cilegon mengimbau wisatwan Anyer pakai jalur alternatif karena terjadi macet

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Kepolisian Resor (Polres) Cilegon Polda Banten mengimbau wisatawan yang mengunjungi kawasan Pantai Anyer agar menggunakan jalur alternatif sehubungan dengan padatnya kendaraan.

"Kami menyarankan wisatawan untuk mencari alternatif atau tempat wisata lainnya," kata Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro dalam keterangan tertulis di Cilegon, Senin (24/4/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan saat ini jalur wisata Anyer padat kendaraan dan sulit bergerak sehingga mereka pengunjung agar menggunakan jalur alternatif.

Karena itu, pihaknya menghimbau bagi masyarakat yang ingin melakukan wisata di Anyer, petugas putarkan balik dan disarankan untuk menggunakan alternatif jalur atau tempat wisata lainnya.

Eko juga menjelaskan bahwa Pantai Anyer sudah mulai penuh sehingga orang yang hendak melakukan wisata di Anyer di stop terlebih dahulu.

"Ada beberapa kendaraan yang bisa masuk ke kawasan wisata Pantai Anyer Cinangka diantaranya adalah orang yang kerja di industri, kemudian orang yang memiliki KTP sekitar Ciwandan, Anyer dan Cinangka serta wisatawan yang sudah booking hotel di wilayah Anyer Cinangka," kata Eko.

Eko mengungkapkan kegiatan ini diberlakukan sampai menunggu situasi pantai sudah kosong atau tinggal setengah, maka akan diperbolehkan masuk atau buka kembali ke jalur wisata pantai Anyer Cinangka.

"Untuk one way tadi kami lakukan guna memasukkan kendaraan yang akan berwisata karena belum padatnya wisata pantai Anyer Cinangka sehingga kita berlakukan one way, tetapi saatini dikarenakan wisata pantai Anyer Cinangka sudah penuh jadi kita berlakukan pemutarbalikan kendaraan yang akan menuju jalur wisata pantai Anyer Cinangka tepatnya di simpang JLS ciwandan," ujar Eko.

Eko menegaskan ada 2 titik lokasi pemutarbalikan kendaraan yang Ada Didaerah Hukum Polres Cilegon Polda Banten. "Ada 2 titik lokasi pemutarbalikan kendaraan diantaranya simpang JLS Ciwandan dan Simpang Teneng Cinangka, disana juga kami berlakukan seperti di Simpang JLS Ciwandan, sampai menunggu situasi jalur wisata normal kembali," tutup Eko.