Berlebaran di Luar Angkasa, Astronaut UEA Sempat Bagikan Foto Makkah-Madinah Saat Ramadhan

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Ahad 23 Apr 2023 20:22 WIB

Astronaut Uni Emirat Arab Sultan Al Neyadi menghadiri konferensi pers di kosmodrom Baikonur, Kazakhstan, 24 September 2019. Al Neyadi berlebaran di luar angkasa. Foto: EPA-EFE/MAXIM SHIPENKOV Astronaut Uni Emirat Arab Sultan Al Neyadi menghadiri konferensi pers di kosmodrom Baikonur, Kazakhstan, 24 September 2019. Al Neyadi berlebaran di luar angkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Astronaut Uni Emirat Arab (UEA), Sultan Al Neyadi, tampak menggunakan pakaian tradisional kandura berwarna putih untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Namun, alih-alih merayakannya di Bumi bersama keluarga dan sahabat, Al Neyadi merayakan Lebaran di Stasiun Luar Angkasa Internasional atau International Space Station (ISS) bersama boneka maskot MBRSC, Suhail.

"Biasanya, (saya merayakan) Id dengan keluarga dan anak saya. Tapi hari ini, saya akan merayakan Id dengan pendamping kepercayaan saya, Suhail," tulis Al Neyadi melalui akun Twitter pribadinya, seperti dilansir Khaleej Times, Ahad (23/4/2023).

Baca Juga

Meski tak bisa bersilaturahim secara langsung, Al Neyadi menyampaikan salam untuk keluarga, teman, dan semua orang di Bumi langsung dari ISS melalui Twitter. Al Neyadi juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri untuk semua orang di Bumi.

"Semoga hari istimewa ini membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kemakmuran untuk kalian. Selamat Idul Fitri!" tulis Al Neyadi.

Dalam video yang dia unggah, Al Neyadi tampak mengambang di dalam modul observasi Cupola ISS bersama dengan Suhail, maskot dari Mohammed Bin Rashid Space Centre (MBRSC). Tak hanya Al Neyadi yang menggunakan kandura, Suhail juga tampak menggunakan kandura berwarna abu-abu. Ini berbeda dengan penampilan Suhail biasanya yang kerap menggunakan pakaian astronaut SpaceX.

Selain mengucapkan selamat Lebaran, Al Neyadi juga melakukan sebuah tur singkat di jendela teluk berbentuk kubah di ISS. Dari jendela tersebut, terlihat tampilan Bumi yang sangat menawan dari ketinggian 400 km.

Ini merupakan bulan kedua Al Neyadi di ISS dari misi enam bulan yang akan dia lakukan. Artinya, Al Neyadi juga melalui Ramadhan di ISS sebulan penuh sambil melakukan penelitian.

Akan tetapi, pionir astronaut Emirat ini tak hanya rajin berbagi mengenai pekerjaannya di media sosial. Al Neyadi juga sering membagikan foto-foto Bumi yang spektakuler yang terlihat dari luar angkasa.

Terpopuler