Pengunjung TMII Diperkirakan Capai 20 Ribu Orang Hari Ini

Red: Reiny Dwinanda

Ahad 23 Apr 2023 16:12 WIB

Suasana Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur yang dipadati pengunjung di masa libur lebaran 2023, Ahad (23/4/2023). Puncak jumlah pengunjung diprediksi terjadi hari ini dan besok. Republika/Alkhaledi Kurnialam Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam Suasana Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur yang dipadati pengunjung di masa libur lebaran 2023, Ahad (23/4/2023). Puncak jumlah pengunjung diprediksi terjadi hari ini dan besok. Republika/Alkhaledi Kurnialam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur masih menjadi destinasi favorit wisatawan untuk libur lebaran tahun ini. Jumlah wisatawan yang berekreasi di TMII diperkirakan mencapai 20 ribu orang pada hari kedua Idul Fitri 1444 Hijriah.

Direktur Utama PT Bhiva selaku pengelola TMII, Claudia Ingkiriwang di Jakarta, Ahad (23/4/2023), menjelaskan TMII sebagai salah satu tujuan budaya dan wisata terkemuka menawarkan beragam pengalaman unik dan menarik bagi keluarga atau individu yang ingin merayakan momen spesial libur lebaran tahun ini. Bahkan, TMII menghadirkan sejumlah pertunjukan budaya sarat akan unsur edukasi, dan rekreatif bagi para pengunjung dari segala usia.

Baca Juga

Sejumlah pertunjukan tersebut digelar sejak 22 April-1 Mei 2023 dengan mengangkat tema "Dendang Riang Lebaran Uras Rindu Bertemu". Sejumlah pertunjukan yang dapat dinikmati pengunjung TMII di antaranya dendang lagu anak, pertunjukan musik dan lagu, tari-tarian tradisi, dolan anak Indonesia, dongeng Nusantara, edukasi satwa show, local pop-up market, live skecth, body painting Papua, dan lainnya.

Claudia menuturkan, sejumlah pertunjukan yang menghibur itu dibuat secara spesial untuk masyarakat yang tidak mudik di momen lebaran tahun ini. Dendang dikaitkan dengan suatu selebrasi dan perayaan, sesuatu yang bergembira.

"Pemilihan kata 'Dendang' sengaja diambil untuk membawa kembali kenangan vintage atau masa lalu," katanya.

Nuansa vintage dikemas sedemikian rupa guna menghadirkan kearifan lokal untuk menghibur para wisatawan yang berkunjung ke TMII. Pada beberapa sudut akan ada yang bermain tifa, angklung, lagu-lagu daerah yang dilantunkan pemusik lokal di sepanjang jalanan dari arah masuk, menurut Claudia.

"Kami berharap dengan merayakan lebaran bersama di TMII, dapat sedikit mengobati rindu akan kampung halaman," katanya.