Puasa Bisa Mencegah Jerawat dan Membuat Kulit Awet Muda

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Jumat 21 Apr 2023 18:00 WIB

Jerawat (ilustrasi). Peradangan adalah faktor kunci dalam banyak kondisi kulit, termasuk jerawat, psoriasis, dan eksim. Penelitian telah menunjukkan bahwa puasa dapat menurunkan kadar penanda inflamasi dalam tubuh, yang dapat membantu memperbaiki kondisi tersebut. Foto:

1

Puasa juga dapat meningkatkan perbaikan dan regenerasi sel. Ini sangat penting untuk menjaga kesehatan, sehingga kulit tampak awet muda.

"Selama puasa, tubuh memasuki keadaan autofagi, di mana ia memecah dan mendaur ulang sel-sel tua yang rusak. Proses ini membantu membuang racun dan mendorong pertumbuhan sel-sel baru yang sehat, yang dapat menghasilkan kulit yang lebih bersih dan bercahaya," papar Dr Mahajan.

Meskipun puasa dapat memberikan efek positif pada kesehatan kulit, penting juga untuk memastikan asupan nutrisi yang cukup selama jam-jam di luar waktu puasa. Mengonsumsi makanan seimbang yang mencakup variasi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak, dapat membantu menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, tetap terhidrasi selama jam-jam tidak berpuasa penting untuk memastikan kulit tetap sehat dan terhidrasi. Hindari makanan berkalori sangat tinggi seperti susu dan produk susu, permen, dan makanan yang sangat berminyak saat berbuka puasa karena dapat menyebabkan jerawat pada kulit.

Terpopuler