Muslim di Dunia Mulai Ucapkan Selamat Tinggal pada Ramadhan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 21 Apr 2023 08:43 WIB

Pengungsi Suriah melaksanakan shalat Idul Fitri di Amman, Yordania. Muslim di Dunia Mulai Ucapkan Selamat Tinggal pada Ramadhan

1

Pernyataan dari pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, serta otoritas tertinggi Syiah Irak Ayatollah Ali Sistani, mengatakan Idul Fitri akan dimulai pada Sabtu di negara mereka. Negara Oman juga termasuk yang merayakan 1 Syawal di hari Sabtu.

Otoritas Sunni Irak mengumumkan hari libur akan dimulai pada Jumat. Pemerintah Lebanon dan Suriah, yang mana keduanya dalam pergolakan krisis ekonomi yang melumpuhkan, mengatakan Jumat akan ditandai sebagai awal dari liburan panjang.

Di Asia Selatan, Pakistan dan India baru akan mulai merayakan Idul Fitri besok. Ulama komite penampakan Bulan yang didukung pemerintah Pakistan mengumumkan, Idul Fitri akan dirayakan pada Sabtu.

photo
Wanita berburka menerima tepung gratis yang dibagikan oleh pemerintah Pakistan pada bulan suci Ramadhan, di Peshawar, Pakistan, Sabtu (1/4/2023). Beberapa orang pingsan atau terluka pada hari-hari sebelumnya akibat terinjak-injak di titik distribusi tepung, tempat orang mencari untuk menerima tepung terigu gratis sebagai bagian dari Paket Ramadhan pemerintah. - (EPA-EFE/ARSHAD ARBAB)

Negara lain yang merayakan 1 Syawal esok hari adalah India. Liga Persatuan Muslim India mengatakan menambahkan Bulan tidak terlihat pada Kamis (20/4/2023) kemarin.

Di Afghanistan, kepala peradilan yang ditunjuk Taliban Abdul Hakim Haqqani mengatakan, hari libur akan dimulai pada Jumat. Di Kashmir yang dikelola India, para pejabat mengatakan Idul Fitri akan dirayakan pada hari Sabtu.

Di Indonesia, negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Muhammadiyah mengatakan menurut perhitungan astronomi, hari raya Idul Fitri dimulai pada Jumat. Namun, Menteri Agama Indonesia telah mengumumkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu.

 

Di Amerika Serikat dan Kanada, Idul Fitri akan dirayakan pada Jumat. Idul Fitri dirayakan pada hari-hari pertama Syawal, bulan kesepuluh dalam kalender Islam. Di hari ini, Muslim akan berkumpul di pagi hari untuk melaksanakan sholat Id berjamaah. 

Terpopuler