Perbedaan Pandangan para Astronom Arab Soal Penetapan Idul Fitri 2023

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 20 Apr 2023 06:45 WIB

Siluet merpati saat matahari membentuk bulan sabit saat gerhana matahari parsial di Hyderabad, India, Selasa, 25 Oktober 2022. Perbedaan Pandangan para Astronom Arab Soal Penetapan Idul Fitri 2023 Foto:

1

Lembaga tersebut membantah dampak yang diharapkan dari gerhana matahari pada penampakan bulan sabit Syawal. Dunia akan menyaksikan gerhana matahari pada hari Kamis pukul 03.34 pagi waktu Kairo.

Ini adalah saat bulan akan sepenuhnya menutupi matahari. Gerhana akan memakan waktu sekitar 5,25 menit dari awal hingga akhir.

Kepala NRIAG Gad El-Qady mengatakan awal bulan Syawal untuk tahun Hijriyah saat ini adalah Jumat, 21 April. El-Qady mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa bulan sabit bulan Syawal akan lahir langsung pada pukul 06.14 waktu Kairo setempat pada Kamis.

Dia mengatakan bulan sabit baru tinggal di langit Makkah untuk jangka waktu 23 menit. Di Kairo untuk jangka waktu 27 menit setelah matahari terbenam pada hari itu, dan di kegubernuran Mesir, bulan sabit baru tetap berada di langitnya untuk periode berkisar antara 24-29 menit.

Dia menunjukkan di ibu kota dan kota Arab dan Islam, bulan sabit baru tetap setelah matahari terbenam pada hari itu untuk periode berkisar antara 10-35 menit. El-Qady mengatakan ini terjadi setelah pengumuman Pusat Astronomi Internasional (IAC) sehubungan dengan penampakan bulan sabit Shawwal.

IAC menyatakan tidak ada kemungkinan untuk melihat bulan sabit Syawal pada Kamis, dan karenanya Idul Fitri bisa jatuh pada Sabtu, 22 April. Badan astronomi yang berbasis di Abu Dhabi ini mengatakan dalam sebuah pernyataan di akun Twitternya, bahwa prediksinya didasarkan pada informasi astronomi. Tanggal pasti Idul Fitri hanya akan dikonfirmasi oleh otoritas terkait berdasarkan penampakan bulan baru.

Penampakan bulan sabit pada Kamis malam sangat sulit karena membutuhkan teleskop yang tepat, pengamat profesional, dan kondisi cuaca yang luar biasa. “Melihatbulan sabit pada Kamis tidak mungkin dengan mata telanjang dari mana saja di dunia Arab dan Islam.

Terpopuler