Bunga Bangkai Raksasa The Giant Titans Diperkirakan Mekar Sempurna Saat Libur Lebaran

Red: Reiny Dwinanda

Selasa 18 Apr 2023 20:13 WIB

Salah satu sudut Kebun Raya Cibodas di Cipanas, Cianjur, Jabar. Salah satu anakan dari 11 anakan bunga bangkai The Giant Titans asal Sumatra Barat yang berada di Kebun Raya Cibodas, sudah memperlihatkan kondisi kuncup yang siap mekar. Bunga bangkai raksasa itu diperkirakan mekar sempurna saat libur lebaran. Foto:

1

Yang saat ini sudah mulai mekar memiliki ketinggian baru sekitar satu meter dan kemungkinan akan memiliki tinggi yang sama dengan bunga yang sudah lebih dulu mekar beberapa tahun lalu. Indukan asli The Giant Titans pernah mekar sampai dengan ketinggian 3,7 meter.

"Induknya telah tumbuh di Kebun Raya Cibodas selama 23 tahun. Induk dari 11 anakan bunga bangkai raksasa ini berasal dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TMKS) yang ditanam di Kebun Raya Cibodas sejak tahun 2000," kata Dwi.

Dwi menyebut bunga bangkai raksasa termasuk tanaman yang sangat sensitif. Bunga bangkai tidak akan mekar sempurna ketika bagian tunas bunga terganggu.

Itu pula yang membuatnya tidak mekar sempurna pada beberapa tahun lalu. Saat itu, tunas bunga yang hendak mekar dilempar batu.

"Saat fase berbunga bagian tunas terkena lemparan batu dari pengunjung, itu langsung membuat bunga tidak jadi mekar dan membusuk karena tanaman ini termasuk sensitif, tumbuhnya tergantung cuaca, rusak sedikit langsung busuk, dan masuk tahap dorman atau fase istirahat," katanya.