Bunga Bangkai Raksasa The Giant Titans Diperkirakan Mekar Sempurna Saat Libur Lebaran

Red: Reiny Dwinanda

Selasa 18 Apr 2023 20:13 WIB

Salah satu sudut Kebun Raya Cibodas di Cipanas, Cianjur, Jabar. Salah satu anakan dari 11 anakan bunga bangkai The Giant Titans asal Sumatra Barat yang berada di Kebun Raya Cibodas, sudah memperlihatkan kondisi kuncup yang siap mekar. Bunga bangkai raksasa itu diperkirakan mekar sempurna saat libur lebaran. Foto: Antara Salah satu sudut Kebun Raya Cibodas di Cipanas, Cianjur, Jabar. Salah satu anakan dari 11 anakan bunga bangkai The Giant Titans asal Sumatra Barat yang berada di Kebun Raya Cibodas, sudah memperlihatkan kondisi kuncup yang siap mekar. Bunga bangkai raksasa itu diperkirakan mekar sempurna saat libur lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kebun Raya Cibodas memperkirakan bunga bangkai raksasa The Giant Titans akan mekar sempurna saat libur Hari Raya Idul Fitri 2023. Kejadian langka tersebut dapat disaksikan pemudik maupun wisatawan yang datang pada tanggal 23-25 April 2023.

"Salah satu anakan dari 11 anakan bunga bangkai The Giant Titans asal Sumatra Barat yang berada di Kebun Raya Cibodas, sudah memperlihatkan kondisi kuncup yang siap mekar, sehingga pemudik yang ingin melihat sambil beristirahat dapat datang ke Kebun Raya Cibodas," kata Humas BRIN Kebun Raya Cibodas (KRC), Dwi Novia Puspitasari, di Cianjur, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023).

Baca Juga

Dwi menjelaskan terdapat satu bunga yang mengalami fase generatif yang mekar tepat di saat libur Hari Raya Idul Fitri. Momen mekarnya The Giant Titans tersebut hanya akan bertahan selama sepekan atau diperkirakan hingga akhir pekan ketiga bulan April.

Bunga bangkai yang akan mekar pada periode libur Lebaran itu, mengalami tiga kali mekar. Mekar pertama pada 2014, kedua pada 2018, dan yang ketiga pada 2023. Fase mekarnya terbilang cukup lama, yakni membutuhkan waktu empat tahun.

"Sedangkan untuk melihat pertama kali mekarnya bunga endemik asli Indonesia itu, harus menunggu waktu sampai 14 tahun dari waktu ditanam. Bunga bangkai itu juga memiliki tinggi yang luar biasa, yang pertama tingginya sampai 3,4 meter dan kedua tingginya 3,2 meter," katanya.

Terpopuler