Bagaimana Cara Meningkatkan Iman dan Takwa di Hari-Hari Terakhir Ramadhan?

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Ahad 16 Apr 2023 22:00 WIB

Puasa Ramadhan (ilustrasi). Menjalankan puasa tidak hanya soal mempersiapkan mental dan spiritual, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh Foto: www.freepik.com Puasa Ramadhan (ilustrasi). Menjalankan puasa tidak hanya soal mempersiapkan mental dan spiritual, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Puasa di bulan Ramadhan adalah cara terbaik untuk menyucikan jiwa dan membersihkan hati. Di samping puasa dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, puasa juga dapat bermanfaat bagi kesehatan jiwa.

Maka, sudah seyogyanya bulan Ramadhan dijadikan momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Hal tersebut sebagaimana yang ditekankan Allah mengenai puasa di dalam Alquran. Bahwasannya tujuan dari puasa adalah untuk meningkatkan ketakwaan.

Baca Juga

Dilansir di Islam Online, Ahad (16/4/2023), tujuan puasa sebagaimana yang difirmankan Allah dalam Alquran adalah untuk meningkatkan ketakwaan di dalam hati. Allah SWT berfirman dalan Surah Al Baqarah ayat 183, "Yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba 'alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba 'alallażīna ming qablikum la'allakum tattaqụn,".

Yang artinya, "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,".

Takwa (takwa dan sadar akan Allah) adalah konsep yang mencakup segalanya. Kata “taqwa” berasal dari kata kerja bahasa Arab “ittaqa” yang berarti berlindung atau melindungi diri dengan cara apa pun. Kata kerja “taqawwa” berarti memperkuat diri sendiri atau menjadi lebih kuat atau menarik kekuatan dari sumber spiritual atau material.

Maka, takwa berarti perlindungan dan kekuatan. Bertakwa dalam hati berarti kuat jasmani dan rohani serta mampu menahan godaan kejahatan dan nafsu serta nafsu manusia. Jadi orang fasik tidak memiliki perlawanan atau kekuatan untuk melindungi dirinya sendiri. Itulah sebabnya dia dapat dengan mudah dikalahkan oleh kejahatan dan dapat dengan mudah mengikuti keinginan dan keinginan pribadinya, yang pada akhirnya dapat membawanya pada kehancuran dan penderitaan.

Takwa yang disebutkan sebagai tujuan dan buah puasa itu luas maknanya. Itu mencakup segala sesuatu yang dapat merugikan atau menguntungkan manusia. Ramadhan adalah bulan intensif untuk menjalan ibadah. Maka sudah seharusnya umat Islam menyembah Allah di bulan Ramadhan dengan tubuh, roh, hati, jiwa dan pikiran.

Berpantang dari makanan dan minuman tidak cukup untuk menyelesaikan puasa. Puasa adalah perilaku yang baik dan keterusterangan dalam segala hal. Umat Muslim harus berpuasa terhadap omong kosong, perasaan buruk terhadap orang lain, fitnah, penghinaan, tuduhan (palsu atau tidak berdasar) dan bahaya apapun yang dapat menyentuh Muslim atau sesama manusia.

Bahkan jika seseorang menghina atau memprovokasi orang yang berpuasa dan memerasnya secara total, orang yang berpuasa harus mengabaikannya dan pergi dan mencari keselamatan dengan berlindung kepada Allah. Tujuannya adalah untuk tidak menjawab atau bertukar kata-kata kasar atau perilaku agresif; jika tidak, puasanya akan sia-sia.

Jika umat Islam diperintahkan untuk tidak melakukan kejahatan, maka hal ini berarti dia harus melakukan perbuatan baik dan bekerja sebagai gantinya. Ini karena puasa mengajarkan umat Islam untuk mengembangkan hati nurani dan bagaimana mencapai disiplin diri dan menyadari bahwa setiap diri dan jiwa berhubungan langsung dengan Allah.

Puasa adalah amalan inti dan terpenting di antara semua amalan ibadah. Setiap hari Ramadhan dimuliakan oleh Allah dan Nabi karena Alquran yang disebut oleh Allah sebagai roh, petunjuk, cahaya, dan sumber hukum, diturunkan di bulan yang diberkahi ini kepada Nabi Muhammad. Sepuluh hari terakhir memiliki tempat khusus dalam Islam karena di antaranya datang Laylatul Qadar.