Ahad 16 Apr 2023 21:47 WIB

Mudik Pakai Mobil Listrik, Ini 11 SPKLU Fast-Charging yang Disiapkan PLN Jabar

Untuk tahu lokasinya juga cukup mudah, tinggal lihat di aplikasi PLN Mobile.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat telah menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra-Fast Charging di titik-titik strategis. (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat telah menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra-Fast Charging di titik-titik strategis. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan pulang kampung naik mobil listrik dan melintasi daerah Jawa Barat, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat telah menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra-Fast Charging di titik-titik strategis. Ada 11 titik SPKLU yang disiapkan PLN untuk para pemudik.

Menurut General Manager PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia, keistimewaan SPKLU jenis ini yaitu memiliki kemampuan charging yang super cepat. Sehingga akan menambah kenyamanan para pengendara mobil listrik.

Baca Juga

PLN, kata dia, terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi pelanggan termasuk pemudik yang menggunakan moda kendaraan listrik. Pembangunan 11 SPKLU baru ini menambah panjang daftar SPKLU PLN UID Jawa Barat yang sebelumnya sebanyak 109 buah.

Adapun sebaran SPKLU tersebut, kata dia, berada di 92 kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) se Jawa Barat. Sisanya, tersebar di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), Kantor Pemkab Garut, Rest Area 207 A dan 208 B, Istana Bogor, Gedung Sate Bandung, dan di jalur lintas selatan Banjar.

“Kami berharap ketersediaan SPKLU fast charging ini dapat memudahkan pemudik dalam merencanakan perjalanan dan semakin nyaman menggunakan kendaraan listrik.  Untuk masyarakat yang berkunjung ke Jawa Barat dengan kendaraan listrik pun tak perlu khawatir karena sudah tersedia SPKLU dari Sukabumi sampai Pangandaran," ujar Susi, Ahad (16/4/2023).

Sedangkan 11 unit SPKLU Ultra-Fast Charging berkapasitas 200 kW, kata dia, telah selesai dibangun dan siap melayani kebutuhan pemudik pada momen Lebaran 2023.

Pengguna, kata dia, dapat menikmati kecepatan waktu charging hanya 25 menit hingga baterai terisi penuh. Adapun lokasi SPKLU tersebut tersebar di 8 lokasi rest area, jalur lintas Garut, pusat kota Bandung, dan kota Bogor sebagai berikut:

1.    Rest Area KM 57 A Jakarta Cikampek

2.    Rest Area KM 62 B Jakarta Cikampek

3.    Rest Area KM 130 A Cipali

4.    Rest Area KM 101 B Cipali

5.    Rest Area KM 228 A Kanci Pejagan

6.    Rest Area KM 229 B Kanci Pejagan

7.    Rest Area KM 88 A Cipularang

8.    Rest Area KM 88 B Cipularang

9.    Kantor PLN UP3 Bogor

10.    Kantor PLN KP Limbangan

11.    PLN Braga Heritage

Anton, salah satu pemudik telah memanfaatkan SPKLU di rest area 57A. Anton mengaku sangat terbantu dengan fasilitas SPKLU yang tersedia di jalur mudik.

“SPKLU ini sangat membantu saya yang mudik dengan kendaraan listrik. Untuk tahu lokasinya juga cukup mudah, tinggal lihat di aplikasi PLN Mobile,” katanya.

Anton mengatakan pilihannya menggunakan mobil listrik karena irit dan nyaman. Untuk pemudik yang akan menggunakan kendaraan listrik, Anton memberikan tips agar memastikan kesiapan kendaraan sebelum berangkat dan tidak lupa mengecek lokasi SPKLU di jalur yang akan dilewati.

Sementara itu, di tempat terpisah Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Agus Didik Suseno menyampaikan dukungan atas pembangunan SPKLU untuk melayani masyarakat, khususnya di masa mudik Lebaran.

“Kami siap membantu memublikasikan kesiapan SPKLU di jalur mudik sehingga pengguna kendaraan listrik yang jumlahnya semakin banyak dapat memanfaatkan fasilitas tersebut,” kata Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement