Ramadhan Menyatukan Budaya di Masjid Victoria

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 14 Apr 2023 19:30 WIB

Ilustrasi masjid di Australia. Ramadhan Menyatukan Budaya di Masjid Victoria Foto:

1

Nisa (9 tahun) mengatakan dia merasa paling bahagia selama Ramadhan. “Cukup menyenangkan karena kami bisa bermain down-ball dan sepak bola dan kami diperkenalkan dengan permainan baru bersama Imam kami,” katanya.

Salah satu permainan yang menyenangkan menurutnya seperti memasukkan ujung sendok ke dalam mulut dan sebuah bola pingpong di atasnya. Jika dia berhasil sampai akhir tidak menjatuhkan bola pingpong, maka ia akan mendapatkan sebuah cokelat.

"Dan kita dapat memilih untuk berpuasa jika kita mau. Anda dapat berbuka puasa dengan makan kurma atau minum air putih. Jika Anda tidak bisa makan kurma utuh, Anda dapat memakannya sebagian,” kata Nisa.

Ramadhan ini juga dinikmati oleh para orang tua. Misalnya, saja Umair yang tinggal jauh dari anak-anaknya, tetapi kehidupan komunitas Muslim di masjid ini membuatnya tidak merasa sendiri.

“Saya tidak membawa keluarga saya ke sini, tapi setidaknya saya bisa berkumpul dengan masyarakat dan tidak merasa sendiri,” ujarnya.

Menjelang akhir Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Idul Fitri, hari yang menandai akhir dari periode puasa selama sebulan. Tahun ini, Ramadhan dimulai pada malam 22 Maret dan akan berakhir pada malam Jumat, 21 April.

Terpopuler