ASDP Prediksi Puncak Arus Mudik Melalui Pelabuhan Merak H-2 Lebaran

Red: Friska Yolandha

Jumat 14 Apr 2023 16:49 WIB

Sejumlah truk menunggu kedatangan kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (17/3/2023). PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memprediksi puncakarus mudik Idul Fitri 1444 H/Lebaran 2023 melalui Pelabuhan Merak terjadi pada Kamis (20/4) atau H-2 Lebaran 2023. Foto:

1

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-10 hingga H-9 tercatat 49.739 orang atau naik 4 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 48.001 orang. Untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 12.977 unit atau naik 6 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 12.294 unit.

Melihat tren pergerakan kendaraan dan penumpang di lintasan tersibuk Merak-Bakauheni, pengguna jasa diwajibkan membeli tiket Lebaran jauh sebelum hari keberangkatan, karena tiket sudah dapat dipesan melalui aplikasi dan web Ferizy sejak H-60 sebelum keberangkatan.

"Bagi seluruh calon pemudik, ayo beli tiket dari sekarang, bisa lewat aplikasi atau website Ferizy. Ingat, sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan, dan minimal H-1 keberangkatan sudah bertiket," tutur Shelvy.

Demi kenyamanan para pemudik, ia meminta calon penumpang tidak membeli tiket di calo. Selain daring, pemudik dapat membeli tiket di gerai ritelseperti Alfamart, Indomart, Agen BRILinkdan lainnya.

 

Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking dan lainnya. "Para pemudik diharapkan mengisi data diri untuk manifest dengan lengkap dan benar, jangan gunakan data diri orang lain. Pastikan data penumpang dan kendaraan tercatat, supaya terlindungi asuransi penyeberangan," tutur Shelvy.

Terpopuler