BPJT Siapkan 127 Titik Rest Area di Seluruh Ruas Jalan Tol Selama Mudik Lebaran

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Nora Azizah

Kamis 13 Apr 2023 20:10 WIB

Sejumlah kendaraan melintas di jalan Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat. Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat Sejumlah kendaraan melintas di jalan Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyiapkan 127 titik tempat istrahat dan pelayanan (TIP) atau rest area di seluruh ruas jalan tol yang akan digunakan untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran 2023. Selain menyiapkan 127 rest area, BPJT juga menambahkan tiga rest area fungsional baru dan menambahkan sekitar tiga ribu mobile toilet.

"Untuk mendukung ruas jalan tol tersebut kami menyiapkan 127 TIP dan juga adanya tambahan tiga rest area baru untuk fungsional dan juga satu holding area di KM 81A dan KM 81B," ujar Sekretaris BPJT, Yongki Triono, dalam konferensi pers daring, Kamis (13/4/2023).

Baca Juga

Yongki menjelaskan, tiga rest area fungsional baru tersebut berada di KM 338A dan KM 319B ruas tol Pemalang-Batang serta KM 19B ruas tol Jakarta-Cikampek. Selain itu, ada juga penambahan holding area di KM 81A dan KM 81B di ruas tol Cikampek-Palimanan (Cipali).

"Dan rencana rest area sementara kami tempatkan juga di KM 194 ruas Cisundawu. Tambahan info, kami menambah ekstra mobile toilet di seluruh rest area kami sebanyak kurang lebih hampir 3 ribu mobile toilet," jelas dia.

Dalam mendukung kelancaran arus lintas mudik Lebaran 2023, pihaknya sudah memastikan pengorperasian seluruh ruas jalan tol sepanjang 2.624 km. BPJT juga akan memfungsionalkan 11 ruas jalan tol, yang mana tujuh ruas berada di pulau Jawa dan empat di pulau Sumatera sepanjang total 222 km.

"Karena sifatnya fungsional, kami hanya melaksanakan dari pagi hingga sore hari. Namun kami telah memastikan jalan tol tersebut bisa digunakan secara aman," kata Yongki.

Dia menerangkan, berbagai pekerjaan telah dilakukan, termasuk pelebaran-pelebaran jalan dan juga penanganan kondisi yang sudah dalam kondisi baik. Perbaikan dan penanganan jalan sudah dilakukan dan selesai sejak 12 April lalu atau H-10 Lebaran. Diharapkan, dengan demikian masyarakat dapat menggunakan jalan tersebut dengan nyaman.

"Dukungan lain, kami siapkan rest area dan peningkatan dari penempatan SPKLU, charging untuk mobil listrik, sebanyak 14 titik. Yang mana satu titik di Jakarta-Merak, 11 titik dari Jakarta ke Probolinggo dan dua titik di Jagorawi," kata dia.

Khusus untuk ruast tol Jakarta ke arah Merak, di rest area KM 43 dan KM 68 BPJT bekerja sama dengan ASDP untuk penjualan tiket kapal ferry di Pelabuhan Merak, Banten. Masyarakat diharapkan dapat membeli tiket di dua rest area tersebut untuk memudahkan proses penyeberangan di pelabuhan.

Terpopuler