Dua Ruas Tol Fungsional JTTS Beroperasi 15 April, Gratis!

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha

Rabu 12 Apr 2023 14:01 WIB

PT Hutama Marga Waskita akan membuka ruas Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat secara fungsional tanpa tarif atau gratis di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Foto:

1

Berkaca pada momen Lebaran di tahun-tahun sebelumnya, berdasarkan informasi dari Ditlantas Polda Sumut, diprediksi mulai H-7 Lebaran tahun ini akan terjadi kenaikan volume kendaraan di jalan nasional. 

"Mengantisipasi hal tersebut, maka fungsional kedua ruas tol ini direncanakan mulai dibuka pada 15 April 2023 sampai dengan 2 Mei 2023 dan difungsikan dua lajur dua arah serta diperuntukkan hanya untuk kendaraan golongan 1 (mobil, mini bus) dengan batas kecepatan kendaraan 40-60 km per jam," ucap Dindin.

Dindin menyebut scope pekerjaan seksi 1 Tebing Tinggi – Inderapura telah selesai konstruksinya, sehingga sepanjang jalan tol telah dilengkapi dengan perambuan, marka, guadrail dan penerangan yang memadai, namun pada area gate Inderapura yang masuk scope pekerjaan Seksi 2 masih terdapat tahap pekerjaan finishing konstruksi. Sedangkan untuk ruas gate Dolok Merawan hingga gate Sinaksak yang masuk scope pekerjaan Seksi 4 masih terdapat titik-titik pekerjaan konstruksi yang perlu menjadi perhatian bagi pengendara yang melintas. 

"Sebagai upaya untuk mendukung keamanan dan kenyamanan, akan kami lakukan pembersihan pada badan jalan dan melengkapi rambu-rambu peringatan serta penerangan selama fungsional berlangsung," lanjut Dindin.

 

Sebagai informasi Jalan Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat sepanjang 143,5 km terbagi dalam 6 (enam) Seksi dengan progress konstruksi Seksi 1 (Ruas Tebing Tinggi –Inderapura) telah selesai dikerjakan, Seksi 2 (Ruas Inderapura–Kuala Tanjung) telah mencapai 86,09 persen, Seksi 3 (Ruas Tebing Tinggi–Serbelawan) telah mencapai 76,49 persen, Seksi 4  (Ruas Serbelawan–Pematang Siantar) telah mencapai 62,98 persen. Sedangkan Seksi 5 (Ruas Pematang Siantar–Seribudolok) dan Seksi 6 (Ruas Seribudolok–Parapat) merupakan ruas dukungan dari Pemerintah yang kehadirannya akan mendukung konektivitas dan meningkatkan aksesibilitas Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba. 

Terpopuler