Dua Ruas Tol Fungsional JTTS Beroperasi 15 April, Gratis!

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha

Rabu 12 Apr 2023 14:01 WIB

PT Hutama Marga Waskita akan membuka ruas Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat secara fungsional tanpa tarif atau gratis di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Foto: Antara/Septianda Perdana PT Hutama Marga Waskita akan membuka ruas Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat secara fungsional tanpa tarif atau gratis di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Hutama Marga Waskita akan membuka ruas Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat secara fungsional tanpa tarif atau gratis di Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS). Direktur Utama Hutama Marga Waskita Dindin Solakhuddin mengatakan, hal ini untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik kendaraan selama libur Lebaran 2023.

"Terdapat dua ruas gate to gate yang nantinya dibuka dan dapat dilalui oleh kendaraan, yaitu gate Tebing Tinggi–gate Inderapura sepanjang 28,5 km dan gate Dolok Merawan–gate Sinaksak sepanjang 15,6 km," ujar Dindin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga

Dindin menyampaikan, apabila sebelumnya kendaraan yang melintas di Jalan Tol Medan–Kualanamu–Tebing Tinggi dari arah Medan hendak menuju wilayah lain seperti Kisaran atau Kuala Tanjung harus berakhir di Exit Tebing Tinggi ke jalan nasional, nantinya dengan fungsionalnya jalan tol, kendaraan dapat melanjutkan perjalanannya hingga berakhir di Inderapura.

"Sedangkan, fungsionalnya gate Dolok Merawan hingga gate Sinaksak diharapkan menjadi jalur alternatif bagi kendaraan yang melintas di jalan nasional dari arah kota Medan yang akan menuju Pematang Siantar," ujar Dindin.

Dindin mengatakan, Jalan Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat sampai saat ini masih dalam tahap konstruksi. Meskipun demikian, setelah melalui evaluasi dan tinjauan lapangan yang dilakukan Direktorat Jenderal Bina Marga, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kementerian PUPR serta jajaran Kepolisian Daerah Sumatra Utara dalam kurun waktu dua pekan terakhir, kedua ruas gate to gate ini dinilai yang paling memungkinkan kesiapannya dari aspek keamanan dan kenyamanan untuk dapat dilintasi bagi kendaraan.

 

Terpopuler