Pertamina Siapkan Mobil Tangki Dispenser Antisipasi Antrean BBM Jelang Mudik Lebaran

Red: Nora Azizah

 Selasa 11 Apr 2023 21:55 WIB

Petugas SPBU mengisi BBM jenis pertalite di mobil warga. Foto: ANTARA/Olha Mulalinda Petugas SPBU mengisi BBM jenis pertalite di mobil...

Mobil tangki dispenser Pertamina bisa beroperasi seperti SPBU.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama (Dirut) Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan bahwa Pertamina menyiapkan mobil tangki dispenser jelang musim mudik Lebaran. Tangki dispenser disiapkan untuk mengantisipasi antrean panjang di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) selama musim mudik Lebaran 2023.

"Kami tempatkan modular di sana untuk memecah antrean di SPBU yang reguler, kami juga menempatkan semacam mobil tangki dispenser, mobil tangki yang juga bisa beroperasi seperti SPBU namanya mobil tangki dispenser," ujar Alfian ditemui usai acara Silaturahmi dengan Pemimpin Redaksi Media, di Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga

Alfian menjelaskan, mobil tangki dispenser akan ditempatkan pada area-area tertentu. Pengguna jasa akan memiliki banyak alternatif untuk mengisi BBM sehingga tidak berkumpul di SPBU saja. Lebih lanjut, dia menjelaskan, Pertamina juga menyiapkan beberapa mobil tangki untuk dapat menyalurkan BBM secara langsung, yang fungsinya mirip seperti mobil tangki dispenser.

"Itu ada sekitar 140-an yang telah kami siapkan," kata Alfian.

Alfian mengatakan, Pertamina sudah siap 100 persen dalam menghadapi musim mudik Lebaran 2023. Menurutnya, Pertamina sudah melakukan peningkatan inventory untuk antisipasi jumlah pemudik dan peningkatan konsumsi BBM terutama gasolin.

"Kami juga telah mempersiapkan infrastruktur pendukung, semua pelayanan terhadap masyarakat yang butuh BBM yaitu di SPBU, agen LPG dan sebagainya itu akan kami persiapkan dengan baik termasuk ke aparat dan kepolisian untuk pengawalan mobil tangki supaya tidak terjadi kemacetan terutama dengan pemda, BNPB untuk antisipasi bencana," kata Alfian.

Berita Lainnya