Lapar Mata Saat Berbuka Puasa, Ini Bahayanya Jika Dituruti

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Reiny Dwinanda

Selasa 11 Apr 2023 17:16 WIB

Aneka makanan untuk berbuka puasa (Ilustrasi). Perlu kemampuan untuk menahan diri dari lapar mata dan ngidam selama puasa agar lebih bisa mengatur jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Foto:

1

Saat berbuka, lanjut Dominikus, pilihlah makanan yang bisa memberikan asupan glukosa dalam waktu cepat. Kurma dapat menjadi pilihan saat berbuka, seperti sunnah yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW dalam berpuasa.

Setelah makanan pembuka, beralihlah ke makanan yang lebih padat energi, cairan, dan vitamin. Contohnya salad buah dan sup sayur.

"Pastikan ketika berbuka mengonsumsi cairan dalam jumlah banyak untuk menggantikan kekurangan cairan waktu siang," ujarnya.

photo
Cukup minum selama Ramadhan. - (Dok Republika)

Dominikus pun berpesan untuk mengonsumsi makanan dengan prinsip gizi seimbang dalam poris yang tidak berlebihan ketika berbuka puasa. Selain itu, asupan cairan juga perlu dipenuhi agar terhindar dari dehidrasi.

Dominikus mengingatkan, yang tidak kalah penting adalah memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Ini dapat mencukupi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral harian.