Masjidil Haram Keluarkan Panduan Baru Keselamatan Jamaah di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Senin 10 Apr 2023 22:15 WIB

Umat muslim melakukan tawaf di Masjidill Haram, Makkah, (22/2/2023). Masjidil Haram Keluarkan Panduan Baru Keselamatan Jamaah di 10 Hari Terakhir Ramadhan Foto:

1

Kendaraan yang diparkir di lokasi yang mempengaruhi pergerakan pejalan kaki akan diderek, dan pemiliknya atau orang yang berwenang akan dikenai pelanggaran lalu lintas. Adapun petunjuk pergerakan di Masjidil Haram dan alun-alunnya, jamaah harus mematuhi petunjuk yang ditentukan oleh petugas keamanan, selain pentingnya mengikuti petunjuk melalui pintu Masjidil Haram sesuai dengan yang ditentukan oleh papan nama.

Perlu disebutkan ada panel bercahaya yang ditempatkan di pintu utama Masjidil Haram di Makkah. Ini menunjukkan status situs di dalam Masjidil Haram dan menunjukkan apakah ada kemungkinan ketersediaan tempat sholat di sana.

Lampu hijau berarti jamaah bisa masuk karena tersedia tempat, sedangkan lampu merah berarti dilarang masuk karena semua tempat sudah penuh. Pemandu menjelaskan jamaah dapat mencapai tawaf melalui koridor menuju Gerbang Raja Abdulaziz, Gerbang Raja Fahd, Gerbang Umrah, dan Gerbang Perdamaian.

Patut dicatat, lantai utama telah diperuntukkan bagi jamaah penyandang disabilitas, di mana mereka dapat menggunakan kendaraan listrik. Mengenai larangan, jamaah tidak diperbolehkan membawa barang-barang pribadi ke Masjidil Haram dan halamannya atau menggantungnya di jendela masjid dari dalam dan luar atau meninggalkannya di halaman.

Kementerian juga menambahkan mengumpulkan sumbangan dilarang di Masjidil Haram. Jamaah dilarang merokok, mengemis, atau terlibat dalam perdagangan (jual atau beli).

Jamaah haji dilarang menggunakan soket (colokan) listrik yang telah dialokasikan untuk pekerjaan pemeliharaan, untuk keperluan pribadi, guna menghindari korsleting listrik. Panduan ini juga menyertakan kode batang untuk semua tempat parkir internal dan eksternal, di mana peta menunjukkan cara mencapai Masjidil Haram saat datang untuk umrah atau sholat selama Ramadhan.

Ini juga mencakup beberapa informasi lain yang dapat ditemukan melalui tautan berikut: https://2u.pw/WyM7Wg

Terpopuler