Lindungi Keluarga dari Varian Arcturus Saat Mudik, Begini Caranya Menurut Epidemiolog

Red: Reiny Dwinanda

Senin 10 Apr 2023 17:35 WIB

Sejumlah calon penumpang kapal antre di loket tempat penukaran tiket di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Ahad (9/4/2023). Waspadai penularan varian arcturus saat mudik. Foto:

1

Dicky mengatakan kegiatan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, dan Membatasi mobilitas) tetap harus dilakukan meski aturan terkait PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) telah dicabut. Menurutnya, meski kini sudah lebih longgar, kegiatan 5M harus menjadi kebiasaan baru masyarakat karena hal tersebut sudah menjadi bagian dari kehidupan di negara seperti Jepang dan Korea Selatan, bahkan sebelum adanya pandemi Covid-19.

"Di negara maju, kalau batuk pilek saja tidak boleh kerja. Perilaku itulah yg harus kita teruskan sebagai kenormalan budaya baru, termasuk saat mudik," kata dia.

Perilaku pencegahan penularan Covid-19 subvarian arcturus juga bisa dibantu dengan makanan bergizi seimbang, diet yang teratur, berolahraga, dan istirahat yang cukup. Lengkapi juga dosis vaksinasi sebelum mudik untuk bantu perkuat herd immunity.

Terpopuler