Terminal Penumpang Pelindo Bersiap Layani Pemudik

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor

Senin 10 Apr 2023 12:58 WIB

Sejumlah penumpang turun dari KM Kelud yang baru bersandar di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Ahad (9/4/2023). Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menilai transformasi terminal penumpang kapal yang dilakukan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) sudah sangat signifikan. Foto: Antara/Teguh Prihatna Sejumlah penumpang turun dari KM Kelud yang baru bersandar di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Ahad (9/4/2023). Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menilai transformasi terminal penumpang kapal yang dilakukan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) sudah sangat signifikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menilai transformasi terminal penumpang kapal yang dilakukan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) sudah sangat signifikan. Asisten Deputi Bidang Jasa dan Logistik Kementerian BUMN, Desty Arlaini, mengatakan salah satu yang terlihat sudah sangat rapi ialah terminal penumpang Pelabuhan Makassar.

"Alhamdulillah, hampir semua terminal penumpang yang saya kunjungi sudah oke dan Pelindo improvement-nya secara umum sudah luar biasa, hebat. Istilahnya transformasi terminal penumpang kapal ini kelihatan sudah signifikan," ujar Desty dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (10/4/2023).

Baca Juga

Selama ini, lanjut Desty, pola pikir masyarakat tentang terminal penumpang untuk kapal tidak seperti bandara yang eksklusif. Dengan perbaikan, para penumpang kapal mendapatkan pelayanan yang prima, disediakan fasilitas yang rapi, besar, dan juga nyaman. 

"Mudah-mudahan dengan kondisi begini, tidak ada lagi stigma negatif untuk kapal penumpang," ucap Desty.

Desti juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang menggunakan moda transportasi laut, terutama yang akan melakukan mudik Lebaran 1444 H/2023. Menurutnya, Pelindo dan Pelni sudah menyiapkan armada dan menyediakan fasilitasnya, supaya bisa dinikmati juga oleh penumpang kalau dengan perjalanan yang lebih matang.  

“Pertama, direncanakan secara matang untuk mudiknya, jauh-jauh hari direncanakan jadi supaya beli tiketnya juga jauh-jauh hari. Mudah-mudahan semua selamat, tiba di tempat tujuan tanpa ada kekurangan suatu apa pun," kata Desty.

Direktur Pengelola Pelindo, Putut Sri Muljanto mengatakan Pelindo memiliki program untuk melakukan perbaikan seluruh terminal penumpang yang dikelola perseroan. Putut menyebut perbaikan bisa dengan melakukan investasi membangun terminal baru maupun hanya dengan pemeliharaan. 

"Pelindo berkomitmen melakukan standarisasi seluruh terminal penumpang di Indonesia, terutama di wilayah timur Indonesia. Setelah Pelindo merger, kami bergegas melakukan perbaikan terminal penumpang secara bertahap, sebagai salah satu bentuk pelayanan Pelindo bagi masyarakat," ujar Putut.

Putut mengatakan pelayanan publik banyak yang memantau, sehingga Pelindo harus memberikan yang terbaik. Menurut Putut, beberapa pelabuhan sudah diperbaiki, termasuk fasilitas yang ada di terminal penumpangnya. 

Bahkan ke depan, Pelindo berencana agar penumpang kapal di Pelabuhan Makassar tidak lagi menggunakan tangga untuk menuju terminal penumpang, namun akan disiapkan eskalator atau tangga berjalan agar menjadi lebih nyaman. 

Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis, mengaku akan selalu memperhatikan terkait pelayanan untuk kenyamanan para penumpang kapal. Terlebih Pelabuhan Makassar merupakan pelabuhan yang terbesar di wilayah timur Indonesia, dan merupakan yang terbanyak dari segi jumlah penumpang kapalnya.

"Pada musim mudik lebaran tahun ini diestimasi akan ada peningkatan jumlah penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Makassar sebesar lima persen yaitu menjadi 92.797 penumpang dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang tercatat sebanyak 88.378 orang," kata Muis.

Terpopuler