Pemudik Diprediksi Melonjak, Jokowi Minta Kepala Daerah Bersiap

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ahmad Fikri Noor

Senin 10 Apr 2023 12:20 WIB

Kendaraan pemudik (lajur kiri) melintas menuju arah Jabodetabek di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Ahad (8/5/2022). Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh jajarannya dari menteri, kapolri, hingga kepala daerah yang menjadi tujuan mudik agar mempersiapkan seluruh infrastruktur dan prasarana yang diperlukan masyarakat selama mudik Lebaran 2023. Foto: ANTARA/Aprillio Akbar Kendaraan pemudik (lajur kiri) melintas menuju arah Jabodetabek di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Ahad (8/5/2022). Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh jajarannya dari menteri, kapolri, hingga kepala daerah yang menjadi tujuan mudik agar mempersiapkan seluruh infrastruktur dan prasarana yang diperlukan masyarakat selama mudik Lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh jajarannya dari menteri, kapolri, hingga kepala daerah yang menjadi tujuan mudik agar mempersiapkan seluruh infrastruktur dan prasarana yang diperlukan masyarakat selama mudik Lebaran 2023.

"Mudik semua nanti utamanya yang menjadi tujuan-tujuan mudik, semuanya memang harus bersiap menjelang mudik," kata Jokowi dalam keterangannya di Pasar Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (10/4/2023).

Baca Juga

Jokowi mengingatkan, jumlah pemudik pada tahun ini melonjak signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yakni dari 86 juta menjadi 123 juta masyarakat. Oleh karena itu, lanjutnya, perlu antisipasi agar perjalanan mudik bisa berjalan lancar.

"Karena kurang lebih 123 juta masyarakat kita akan bersama-sama mudik. Tahun kemarin 86 (juta), ini 123 juta. Hati-hati, angka ini hati-hati," ujar mantan Wali Kota Solo itu.

Ia pun mengatakan sudah meminta Menteri Perhubungan, Kapolri, dan juga Menteri BUMN untuk menyiapkan seluruh moda transportasi dan mengantisipasi kemacetan guna mendukung kelancaran mudik lebaran pada tahun ini.

"Saya sudah memperingatkan Menteri Perhubungan, Kapolri, Menteri BUMN yang menyangkut transportasi laut, para gubernur, para bupati, dan wali kota betul-betul menyiapkan diri karena melompat dari 86 juta ke 123-124 juta," lanjutnya.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar jalan tol yang konstruksinya sudah selesai bisa dimanfaatkan untuk mendukung arus lalu lintas dan mengurangi kepadatan kendaraan. Setelah masa lebaran berakhir, pemerintah akan kembali mengecek jalan tol tersebut secara lengkap sehingga bisa segara beroperasi.

"Tol-tol yang konstruksinya sudah selesai ini menjelang lebaran akan dibuka untuk bisa dimanfaatkan dalam rangka mengurangi kemacetan. Setelah nanti lebaran, baru dicek lagi. Siap dioperasionalkan secara lengkap," ungkap Jokowi.

 

Terpopuler