KSOP Batam Imbau Masyarakat Dudik Lebih Awal

Red: Fuji Pratiwi

Senin 10 Apr 2023 07:34 WIB

Sejumlah calon penumpang kapal antre di loket tempat penukaran tiket di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Ahad (9/4/2023). Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) khusus Batam Kepulauan Riau mengimbau masyarakat agar melakukan mudik Lebaran/Idul Fitri lebih awal. Foto: Antara/Teguh Prihatna Sejumlah calon penumpang kapal antre di loket tempat penukaran tiket di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Ahad (9/4/2023). Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) khusus Batam Kepulauan Riau mengimbau masyarakat agar melakukan mudik Lebaran/Idul Fitri lebih awal.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) khusus Batam Kepulauan Riau mengimbau masyarakat agar melakukan mudik Lebaran/Idul Fitri lebih awal.

Kepala KSOP Khusus Batam M Takwin mengatakan, hal tersebut sebagai upaya mengurangi volume penumpang pada saat puncak mudik Lebaran 2023/Idul Fitri 1444 Hijriah. "Imbauan untuk pemudik, diharapkan mudik lebih awal agar tidak menumpuk. Kemudian dipastikan semua dokumen dan tiket terdaftar, sehingga lebih mudah di pantau dan tidak ada masalah saat berangkat," kata Takwin di Batam, Ahad (9/4/2023).

Baca Juga

KSOP Batam telah melakukan pengecekan pada 40 armada kapal yang dipastikan siap melayani angkutan Lebaran. Selain itu juga disiapkan 200 personel yang terdiri dari pihak kepolisian, bea cukai, imigrasi, hingga Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dalam angkutan Lebaran 2023.

"Tim sudah rapat koordinasi kurang lebih sepekan sebelum posko berjalan. Dan disiagakan mulai H-15 sampai H+15 Lebaran. Jadi dari tanggal 7 April sampai 5 Mei," ujar Takwin.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Junaidi mengatakan, pihaknya memprediksi jumlah pemudik pada Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di provinsi ini mencapai enam juta orang, baik yang keluar maupun yang masuk ke Kepri. "Mudik tahun lalu masih ada pembatasan, jadi hanya sekitar dua sampai tiga juta orang. Sekarang sudah tidak ada, diperkirakan tahun ini mencapai enam juta pemudik," kata Junaidi.

Ia menyebutkan berdasarkan informasi yang disampaikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pada Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023 terjadi peningkatan hingga 123 juta orang yang sebelumnya hanya 85 juta orang pemudik se-Indonesia.

Lebih lanjutJunaidi mengatakan adapun beberapa langkah persiapan angkutan Lebaran 2023diantaranya memastikan kesiapan transportasi laut dan kapal penyeberangan (roro).

 

Terpopuler