Polisi Siapkan Personel di Jembatan Cirahong Selama Arus Mudik 

Rep: Bayu Adji P/ Red: Bilal Ramadhan

Senin 10 Apr 2023 07:33 WIB

Sejumlah kendaraan melintasi Jembatan Cirahong, yang menghubungkan Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, dengan Kecamatan Ciamis, Kabupaten. Polisi menyiapkan personel di Jembatan Cirahong, Ciamis selama arus mudik. Foto: Republika/Bayu Adji P Sejumlah kendaraan melintasi Jembatan Cirahong, yang menghubungkan Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, dengan Kecamatan Ciamis, Kabupaten. Polisi menyiapkan personel di Jembatan Cirahong, Ciamis selama arus mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Kepolisian Resor (Polres) Ciamis akan menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan arus lalu lintas di Jembatan Cirahong pada momen mudik Lebaran 1444 H. Pasalnya, akses jembatan yang menghubungkan Kabupaten Ciamis dengan Kabupaten Tasikmalaya itu merupakan alternatif warga untuk mudik lokal.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Ciamis AKP Asep Iman Hermawan mengatakan pihaknya memang tak akan membuat pos pengamanan khusus di Jembatan Cirahong. Namun, polisi akan menerjunkan anggota untuk melakukan pengamanan, mengantisipasi hal yang tak diinginkan. 

Baca Juga

"Kami tak buat pos di sana, tapi anggota akan siaga di sana untuk antisipasi," kata Asep saat dihubungi Republika, Ahad (9/4/2023).

Ia menambahkan, saat ini Jembatan Cirahong tak lagi bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Hanya kendaraan roda dua atau pejalan kaki yang dapat melintasi jembatan tersebut.

"Untuk sekarang kan tidak bisa digunakan kendaraan roda empat. Hanya roda dua," ujar dia.

Berdasarkan catatan Republika, penutupan akses Jembatan Cirahong untuk kendaraan roda empat itu telah dilakukan secara resmi sejak 1 September 2021. Itu didasari uji pembebanan yang dilakukan oleh PTKereta Api Indonesia (KAI) pada 1-31 Agustus 2021, mengingat fungsi utama jembatan yang didirikan sejak 1893 itu adalah sebagai jalur kereta api.

Penutupan akses Jembatan Cirahong bagi lalu lintas kendaraan di atas roda dua itu disebut bertujuan untuk memastikan keselamatan pejalanan kereta api yang melintas di atas jembatan tersebut. Aturan itu juga dibuat agar keselamatan pengguna jalan di bawah Jembatan Cirahong dipastikan aman.

Terpopuler