Penjual Lentera Ramadhan Berjuang Eksis di Tengah Krisis Mesir

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 06 Apr 2023 03:49 WIB

 Pengrajin Mesir memproduksi lentera Ramadhan, yang disebut Fanous, di sebuah bengkel di Kairo, Mesir, 17 Maret 2022. Bulan Suci Puasa Ramadhan diperkirakan akan dimulai pada 02 April. Muslim di seluruh dunia merayakan bulan suci Ramadhan dengan berdoa pada malam hari dan menahan diri dari makan, minum, dan tindakan seksual, antara matahari terbit dan terbenam. Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam dan diyakini bahwa wahyu dari ayat-ayat pertama Alquran terjadi selama 10 malam terakhirnya. Foto:

1

Di mata sebagian orang, itu mengubah salah satu simbol kuno bulan yang diberkati menjadi parodi yang norak. Pada Februari 2022, Bank Sentral Mesir memberlakukan pembatasan impor, karena kekurangan cadangan dolar.

Ini termasuk lampion China. Hal ini tampaknya merupakan peluang emas untuk menghidupkan kembali industri tradisional di dalam negeri. Itu telah terkonsentrasi di Jalan Taht El-Rab'a di Kairo Fatimiyah selama ratusan tahun.

 

Sementara beberapa pembatasan telah dicabut, impor lentera China masih dilarang. Namun, beberapa masih diselundupkan. Lentera yang tidak terjual dari tahun-tahun sebelumnya tetap ada di toko. Hal ini menghidupkan kembali nostalgia fanoos gaya lama yang biasa dibeli orang tua untuk Ramadhan.

photo
Pedagang Palestina menjual lentera tradisional yang disebut fanous di pasar menjelang bulan suci Ramadhan di Kota Gaza, (22/3/2023). - (EPA-EFE/MOHAMMED SABER)

Saat ini, pembuat lentera telah merevolusi pekerjaannya. Mereka membuat lentera dari lembaran tembaga dan besi ringan, kayu dan plastik, dan menggunakan kain bordir yang bermotif seni dan kaligrafi Islam. Seniman dan pengrajin bersaing satu sama lain untuk membuat lampion dari bambu, batang kurma, henna dan alang-alang.

Di sebuah bengkel kecil di jalan Bab El Bahr, berdiri Ibrahim, seorang pria berusia lima puluhan, di depan sebuah meja tinggi. Dia sedang mengecat lentera yang terbuat dari besi lembaran, menambahkan sentuhan akhir sebelum memajangnya di depan bengkel.

Terpopuler