Pesan Rasulullah: Puasa dan Alquran akan Memberi Syafaat di Hari Kiamat

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 05 Apr 2023 03:45 WIB

Sejumlah Khatib Masjid mengikuti tadarus Al Quran di Masjid Kesultanan Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara,Minggu (2/4/2023). Tadarus Al Quran yang dilaksanakan sehabis melaksanakan shalat tarawih tersebut rutin digelar oleh Khatib Masjid Kesultanan Ternate untuk meningkatkan amal ibadah saat bulan Ramadhan dan memohon ampunan dari Allah SWT. Foto:

Rasulullah memerintahkan umatnya memperbanyak membaca Alquran.

1

Adapun doa yang biasa diucapkan adalah

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْنَا وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْنَا، اَللَّهُمَّ تَقَبَّل مِنَّا، اِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيمُ

Allahumma laka shumna, wa 'ala rizqika aftharnà, fa taqabbal minna, innaka anta samiul 'alim

Artinya, “Ya Allah, untuk-Mu kami berpuasa, atas rezeki-Mu kami berbuka, maka terimalah (puasa) kami. Sesungguhnya, Engkau zat Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui."

Rasulullah juga biasa berbuka dengan kurma basah atau dengan kurma kering, atau jikalau tidak ada cukuplah seteguk air. Anas bin Malik meriwayatkan, "Rasulullah SAW berbuka dengan beberapa butir kurma basah sebelum beliau shalat, namun bila tidak (memiliki kurma basah) beliau hanya memakan beberapa butir kurma kering dan bila tidak didapatkan pula itu, beliau hanya meneguk air.”

Pada bulan Ramadhan, Rasulullah juga tetap bersiwak namun tidak secara berlebih-lebihan termasuk juga dalam berkumur-kumur dan menghirup air ke hidung. Ismail menambahkan di bulan Ramadhan, Rasulullah juga memberikan nasihat kepada para sahabatnya secara berulang-ulang. 

Rasulullah meminta sahabat-sahabatnya untuk selalu menggapai pahala Ramadhan dengan tidak membiarkan pendengaran digunakan kepada hal-hal yang diharamkan. Begitupun penglihatan untuk tidak digunakan melihat aurat dan hal-hal yang diharamkan, termasuk menjaga lisan untuk tidak berdusta dan melakukan kelalaian, serta menjaga tangan agar tidak berusaha dan bekerja kepada hal yang haram dan menyebabkan permusuhan.

Terakhir, hendaknya seseorang menjauhkan diri dari berbuat kerusakan dan madharat kepada sesama. Beliau berkata, "Banyak sekali orang yang melakukan puasa, namun yang diperoleh hanya lapar dan dahaga saja. Dan banyak pula orang yang melakukan sholat malam pada bulan ini, namun yang didapat sekadar mengantuk saja.”

Berita Lainnya