Pesan Rasulullah: Puasa dan Alquran akan Memberi Syafaat di Hari Kiamat

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 05 Apr 2023 03:45 WIB

Sejumlah Khatib Masjid mengikuti tadarus Al Quran di Masjid Kesultanan Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara,Minggu (2/4/2023). Tadarus Al Quran yang dilaksanakan sehabis melaksanakan shalat tarawih tersebut rutin digelar oleh Khatib Masjid Kesultanan Ternate untuk meningkatkan amal ibadah saat bulan Ramadhan dan memohon ampunan dari Allah SWT. Foto:

Rasulullah memerintahkan umatnya memperbanyak membaca Alquran.

1

Adapun ketika sahur, Rasulullah biasa mengakhirkannya sampai sepertiga malam. Beliau berkata, “Tidak henti-hentinya manusia berada dalam kebaikan selama dia menyegerakan untuk berbuka dan mengakhirkan sahur." Akhir waktu makan sahur adalah beberapa saat menjelang terbit fajar. Zaid bin Tsäbit menjelaskan hal itu (beberapa saat menjelang fajar) setara dengan ukuran orang membaca ayat Alquran sebanyak lima puluh ayat.

Berkaitan dengan makan sahur ini, sangat dianjurkan sekali bagi kita untuk makan sahur sebelum melakukan puasa di siang harinya. Beliau berkata, “Makan sahurlah kalian karena pada waktu sahur itu ada berkah."

“Dari tuntunan berpuasa Rasulullah, kita dapati hikmah yang sangat besar sekali. Yaitu, kendati kita melakukan puasa seharian penuh, namun dengan menyegerakan berbuka, selain merupakan suatu kebaikan, karena berbuka adalah hal yang sangat diperlukan tubuh yang memerlukan makanan dan minuman. Kemudian mengakhirkan makan sahur, maka jangka waktu untuk melakukan puasa bisa sependek dan seringan mungkin, sehingga tidak memberatkan dan menyiksa tubuh siapapun yang melaksanakan ibadah puasa ini,” kata Ismail.

Rasulullah juga mengajarkan berdoa ketika hendak berbuka. Beliau juga katakan bahwa di antara doa yang tidak akan ditolak adalah doa orang yang sedang melaksanakan puasa.

 

Berita Lainnya