Bagaimana Kemajuan Si Kecil Saat Belajar Puasa? Lakukan Ini untuk Memotivasinya

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Ahad 02 Apr 2023 21:21 WIB

Seorang anak laki-laki menanti waktu berbuka puasa, sementara adiknya sudah lebih dulu menikmati hidangan (Ilustrasi). Perlu pengajaran bertahap agar ibadah puasa terasa menyenangkan bagi anak. Foto:

1

3. Beri apresiasi dan motivasi

Saat anak berhasil puasa hingga Maghrib, berilah pujian. Bagi anak usia kecil terutama lima hingga tujuh tahun, buatlah tabel check list harian yang menarik dan bisa diisi anak. Itu akan lebih memotivasinya.

Bagaimana jika anak gagal mencapai target di daftar tersebut? Jangan bandingkan dengan anak lain yang berhasil. Tetap berikan motovasi bahwa ia dapat mencoba lagi di keesokan harinya.

4. Luaskan hati dan banyak stok sabar

Berhubung si kecil masih belajar, bersiaplah. Ada kalanya terjadi drama, baik di siang atau saat melihat iklan dan toko makanan/minuman.

Saat anak merajuk, hal pertama yang perlu dilakukan adalah berempati terlebih dulu dengan perasaannya.. Misalnya, katakan "iya bunda paham kakak laper ya", lalu ajak diskusi untuk menunda keinginannya sampai waktu Maghrib tiba.

Anak juga bisa diajak bermain untuk mengalihkan fokus rasa lapar dan hausnya. Ayah dan bunda perlu yakin bahwa anak bisa berhasil menjalankan puasanya. Jangan goyah menuruti keinginannya ketika menangis.

Terpopuler