Puasa Bisa Bikin Kulit Jadi Kering, Apa Solusinya?

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Jumat 31 Mar 2023 14:10 WIB

Kulit kering (ilustrasi). Untuk menghindari kulit kering, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Foto:

1

Karenanya, menurut dr Claudia, selama Ramadhan perlu ada penyesuaian dalam hal skincare. Dia menyarankan untuk menggunakan skincare dengan pH netral sehingga aman bagi kulit yang sensitif dan skincare yang menghidrasi dan menambah kelembapan kulit.

"Penting juga untuk mengetahui masalah kulit, misalnya kulit Anda kering, cari tahu dulu penyebabnya apa, kalau karena dehidrasi artinya Anda harus pakai skincare yang memberikan manfaat hidrasi dan memberi kelembapan ke kulit," kata dr Claudia.

Selain penggunaan skincare, dr Claudia juga mengingatkan pentingnya mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih sebanyak delapan gelas, yang bisa dicukupi selama waktu berbuka puasa hingga sahur. Istirahat yang cukup juga tidak kalah penting karena itu memungkinkan proses perbaikan jariangan kulit berjalan optimal.

"Lifestyle intinya sangat berpengaruh pada kondisi kulit. Jadi kalau mau kulitnya sehat lagi, selain skincare-nya harus sesuai, lifestyle-nya juga harus diubah jadi lebih sehat," jelas dr Claudia.