Puasa Bisa Bikin Kulit Jadi Kering, Apa Solusinya?

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Jumat 31 Mar 2023 14:10 WIB

Kulit kering (ilustrasi). Untuk menghindari kulit kering, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Foto: www.freepik.com Kulit kering (ilustrasi). Untuk menghindari kulit kering, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bulan suci Ramadhan, umat Islam diwajibkan berpuasa sedari terbit fajar hingga terbenam matahari atau waktu Maghrib. Saat berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan cairan sehingga berpotensi mengalami dehidrasi.

Jika Anda mengalami dehidrasi, kelembapan kulit juga akan menurun dan menyebabkan kulit kering serta gatal. Medical Innovation Expert Somethinc, dr Claudia Christin, menjelaskan bahwa kekurangan cairan pada tubuh juga bisa merusak barrier kulit, memperparah kondisi kulit jerawat, iritasi, hingga membuat kulit lebih sensitif.

Baca Juga

"Air itu kan kebutuhan pokok buat kulit kita ya. Jadinya saat puasa, dan asupan air kurang, itu bisa membuat kulit jadi kering, dan kalau kulitnya berjerawat, iritasi, sensitif, itu bisa makin parah," kata dr Claudia saat peluncuran Somethinc Calm Down di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (29/3/2023).