Solusi Buat yang Kulit dan Bibirnya Jadi Kering Selama Berpuasa

Red: Reiny Dwinanda

Senin 27 Mar 2023 14:56 WIB

Kulit kering (ilustrasi). Untuk menghindari kulit kering, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Foto: www.freepik.com Kulit kering (ilustrasi). Untuk menghindari kulit kering, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulit Anda menjadi kering selama berpuasa? Coba kenali penyebabnya.

Berada terlalu lama di ruangan ber-AC (pendingin udara), misalnya, bisa memicu tubuh mengeluarkan cairan. Alhasil, kulit menjadi kering.

Baca Juga

"Hindari terlalu banyak di area ber-AC atau mandi air panas karena saat puasa kadar air sedang berkurang. AC dan air panas sifatnya bisa mengeluarkan cairan di tubuh sehingga kulit tampak kering," ujar pakar estetika dan antipenuaan dr Cynthia Jayanto M.Biomed (AAM) dalam pesan singkat kepada Antara, Senin (27/3/2023).

Agar kulit tidak kering selama berpuasa di bulan Ramadhan, Cynthia menyarankan agar tetap mengaplikasikan losion atau minyak kelapa murni pada tubuh. Bagaimana dengan bibir?

"Coba gunakan petroleum jelly, balsam yang merupakan campuran dari minyak mineral dan lilin, untuk mengunci kelembapan," kata yang Chynthia yang menyelesaikan pendidikan dokter bidang antipenuaan di Universitas Udayana.

Selain menggunakan produk perawatan kulit, orang yang berpuasa juga perlu menjaga kesehatan kulit melalui asupan makanan dan minuman. Cynthia menyarankan untuk mencukupi kebutuhan asupan cairan dengan minum air putih delapan gelas per hari.