Apakah Harus Mengurangi Bermedsos Selama Ramadhan?

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

 Jumat 31 Mar 2023 13:01 WIB

Apakah Harus Mengurangi Bermedsos Selama Ramadhan? Foto: Freepik Apakah Harus Mengurangi Bermedsos Selama...

Media sosial juga dapat memaksimalkan kebaikan dan keberkahan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meningkatnya penggunaan media sosial (medsos) di Indonesia menandakan masyarakat sudah sangat melekat dengan media sosial. Masyarakat juga kerap menghabiskan dan membagikan aktivitas sosial pada bulan Ramadhan melalui media sosial.

Namun, penggunaan media sosial pada bulan Ramadhan dinilai kurang berfaedah oleh sebagian orang karena mengurangi waktu untuk mengoptimalkan ibadah. Lalu, apakah bermedsos pada bulan Ramadhan harus dikurangi?

Baca Juga

Pegiat media sosial Dimas Prakoso Akbar menjelaskan, menggunakan media sosial di tengah beribadah puasa juga dapat memaksimalkan kebaikan dan keberkahan pada bulan Ramadhan. Karena itu, sebenarnya juga tidak perlu dikurangi.

“Apakah bermedia sosial pada bulan Ramadhan harus dikurangi? Tidak juga. Kita bisa memaksimalkan kebaikan dan keberkahan bulan Ramadhan ini melalui media sosial, dengan melihat konten-konten religi yang dapat meningkatkan pengetahuan, berbagi kebaikan melalui media sosial dan membuat konten yang bermanfaat," ujar Dimas dalam diskusi daring bertema "Ramadhan Maksimal di Media Sosial", Kamis (30/3/2023).

Dalam forum yang sama, anggota Komisi I DPR RI A Rizki Sadig menambahkan, segala kebaikan yang ditebarkan melalui media sosial pada bulan Ramadhan akan dicatat sebagai amal jariyah dan mendapatkan pahala yang berlipat.

“Pada bulan Ramadhan ini segala suatu hal yang baik jika kita niatkan sebagai ibadah, insya Allah akan mendapatkan pahala yang berlipat, dengan menggunakan media sosial kita dapat menjangkau orang yang sangat banyak dengan hal-hal positif dan dapat menjadi amal jariyah bagi kita untuk mencapai keberkahan pada bulan Ramadhan," kata Rizki.

Selain sebagai sarana mendapatkan pengetahuan dan membagikan hal-hal positif, media sosial juga dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan keuntungan bagi pelaku usaha atau UMKM.

Pelaku usaha Rara Sharma membuktikan jika penggunaan media sosial pada bulan suci Ramadhan dilakukan secara optimal, keberkahan akan menghampiri. Karena itu, media sosial dapat menjadi kesempatan yang baik untuk mengisi bulan Ramadhan dengan cara atau hal-hal yang positif.

“Saya selaku pelaku usaha sangat merasakan keberkahan tersebut dengan berusaha mengoptimalkan media sosial untuk sarana meningkatkan penjualan, apalagi pada bulan Ramadhan peluang dan kesempatan sangat tinggi di mana gaya hidup umat Muslim cenderung konsumtif untuk mempersiapkan bulan Ramadhan dan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri," kata Rara.

Berita Lainnya