Anak Pasti Haus Saat Berpuasa, Ini Saran Dokter untuk Membiasakannya

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Selasa 28 Mar 2023 21:52 WIB

Anak menunggu waktu berbuka puasa (Ilustrasi). Beri pengertian kepada anak bahwa inti dari puasa memang menahan lapar dan haus. Foto:

1

Pada kesempatan yang sama, Yoga menekankan pentingnya manajemen nutrisi untuk anak. Dalam upaya membiasakan agar anak menyukai makanan yang beragam, sebenarnya itu dimulai sejak dalam kandungan.

Ibu hamil yang tidak pilih-pilih makanan akan membuat anaknya kelak punya selera serupa. Hal itu dikarenakan bayi dalam kandungan terbiasa dengan makanan yang dimakan ibunya.

photo
Cara mengajarkan anak berpuasa. - (DOK REPUBLIKA)

 

Dengan begitu, ketika waktunya mengonsumsi makanan pendamping ASI (MP-ASI), lidahnya menjadi tidak asing dan lebih mudah menerima. Menurut Yoga, ibu menyusui pun sebaiknya tidak memiliki banyak pantangan makanan agar rasa makanan yang diperkenalkan ke bayi beragam.

"Semua harus dengan role model, tidak bisa berharap anak makan sehat apabila keluarganya tidak menerapkan pola makan yang sehat," tuturnya.

Yoga pun mengingatkan pentingnya menerbitkan nafsu makan anak dengan pembiasaan jadwal makan yang baik. Dengan begitu, siklus lapar-kenyang anak terjaga.

Terpopuler