Anak Pasti Haus Saat Berpuasa, Ini Saran Dokter untuk Membiasakannya

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Selasa 28 Mar 2023 21:52 WIB

Anak menunggu waktu berbuka puasa (Ilustrasi). Beri pengertian kepada anak bahwa inti dari puasa memang menahan lapar dan haus. Foto: republika/ yogi ardhi Anak menunggu waktu berbuka puasa (Ilustrasi). Beri pengertian kepada anak bahwa inti dari puasa memang menahan lapar dan haus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bulan Ramadhan, orang tua Muslim yang memiliki anak tentu membiasakan putra-putrinya untuk berpuasa. Tidak jarang, anak mengeluh lapar dan haus. Menurut dokter spesialis anak Yoga Devaera, itu merupakan hal yang lazim terjadi.

"Anak tidak bisa tidak haus, karena berpuasa memang menyebabkan dehidrasi ringan," kata dokter berhijab itu pada sesi bincang santai dan peluncuran buku The Winner's Recipe besutan Nutricia beberapa waktu silam.

Baca Juga

Yoga tidak menyarankan untuk minum banyak-banyak saat sahur. Pasalnya, sebanyak apapun air yang diminum, dua jam berselang akan keluar dari tubuh melalui buang air kecil. Dijelaskan Yoga, tubuh tidak bisa menyimpan banyak air dalam waktu lama.

Yoga lebih menyarankan untuk memberi pengertian kepada anak bahwa inti dari puasa memang menahan lapar dan haus. Dengan pengajaran dan pembiasaan, anak bisa memiliki pemahaman soal puasa dan ikut belajar melakoni ibadah tersebut.