DKI Tutup Sementara Pendaftaran Mudik Gratis

Red: Reiny Dwinanda

Senin 27 Mar 2023 11:29 WIB

Warga memindai QR code peserta mudik gratis di Kantor Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selaran, Rabu (20/4/2022). Tahun ini, program mudik gratis akan melayani perjalanan mudik menuju 19 kota/kabupaten di enam provinsi. Foto:

1

Selain itu, Syafrin mengatakan, pihaknya juga menyiapkan total 23 truk yang dapat mengangkut sebanyak 690 unit sepeda motor. Untuk keberangkatan, tersedia 13 truk dengan kuota 390 unit sepeda motor, sementara untuk kepulangan ke Jakarta tersedia 10 truk yang dapat mengangkut 300 unit sepeda motor.

Layanan truk pengangkut sepeda motor pemudik tersedia untuk sembilan kota/kabupaten, yakni Kuningan dan Tasikmalaya (Jawa Barat), Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri (Jawa Tengah), Yogyakarta (DI Yogyakarta), serta Jombang dan Malang (Jawa Timur). Program mudik gratis menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan pemudik pada tahun ini, khususnya pengguna sepeda motor.

Angka pemudik dengan sepeda motor diprediksi akan mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang. Program ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan sepeda motor, yang menjadi moda kedua paling favorit digunakan masyarakat saat perjalanan masa mudik lebaran, setelah mobil pribadi.

Terpopuler