Merasa Kehausan di Hari Pertama Puasa? Coba Terapkan Strategi Minum 8 Gelas

Red: Reiny Dwinanda

 Kamis 23 Mar 2023 15:58 WIB

Seorang wanita menuang air minum ke dalam gelas (ilustrasi). Cukupi kebutuhan hidrasi tubuh selama puasa dengan minum delapan gelas sehari. Foto: www.freepik.com Seorang wanita menuang air minum ke dalam gelas (ilustrasi). Cukupi kebutuhan hidrasi tubuh selama puasa dengan minum delapan gelas sehari.

Dokter gizi beri kiat penuhi cairan selama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis gizi klinis Eva Kurniawati memberikan kiat agar kebutuhan cairan orang-orang yang berpuasa selama Ramadhan dapat terpenuhi. Caranya ialah dengan membagi waktu minum ke dalam delapan waktu berbeda.

Eva yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinis Indonesia itu melalui pesan elektroniknya kepada Antara, Kamis (23/3/2023), mengatakan, kedelapan waktu ini ialah:

Baca Juga

  • satu gelas setelah bangun sahur
  • satu gelas selepas sahur
  • satu gelas saat berbuka
  • satu gelas setelah sholat maghrib
  • satu gelas setelah makan malam
  • satu gelas setelah sholat isya
  • satu gelas setelah sholat tarawih
  • satu gelas sebelum tidur.

"Untuk menambah cairan coba deh untuk memasak sayuran berkuah saat sahur dan buka, dan kuahnya dikonsumsi sekalian, dengan menghabiskan kuahnya kita menambah asupan cairan bagi tubuh juga," kata Eva.

Seseorang disarankan mendapatkan cukup air setiap hari penting untuk mencegah dehidrasi. Kondisi ini dapat menyebabkan pikiran tidak jernih, mengakibatkan perubahan suasana hati, menyebabkan tubuh kepanasan, serta menyebabkan sembelit dan batu ginjal.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), air tidak memiliki kalori. Air dapat membantu mengatur berat badan dan mengurangi asupan kalori jika menjadikannya pengganti minuman berkalori, seperti teh manis atau soda.

Kementerian Kesehatan menyarankan orang dewasa meminum air putih sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total dua liter. Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh, yaitu sekitar 20 persen.

Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90 persen air. Terkait upaya mencegah dehidrasi selama berpuasa, Eva juga menyarankan orang-orang menghindari minuman berkafein selama berbuka puasa dan sahur karena memiliki efek diuretik yang bisa meningkatkan risiko dehidrasi.

Berita Lainnya