Jelang Ramadhan, Harga Ayam Meroket di UEA

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil

Senin 20 Mar 2023 23:18 WIB

 Jelang Ramadhan, Harga Ayam Meroket di UEA. Foto:  Shawarma ayam Arab (ilustrasi). Foto: Republika/Putra M. Akbar Jelang Ramadhan, Harga Ayam Meroket di UEA. Foto: Shawarma ayam Arab (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,DUBAI — Ayam Shawarma, ayam arang, ayam burger, dan beberapa item menu favorit lain diprediksi akan mengalami kenaikan harga karena Kementerian Ekonomi UEA (MoE) telah menyetujui kenaikan harga telur dan produk unggas. Kementerian juga telah mengklarifikasi bahwa kenaikan harga ini akan bersifat sementara dan akan dinilai dalam waktu enam bulan.

Khaleej Times mewawancarai beberapa restoran di Dubai dan Sharjah untuk memahami bagaimana kenaikan harga akan mempengaruhi konsumen. 

Baca Juga

"Kami akan memutuskan (kenaikan harga) setelah kami mendapatkan arahan dari pemasok kami," kata sebagian besar pemilik bahan makanan di Dubai dan Sharjah, dilansir dari Khalej Times, Senin (20/3/2023).

Sebuah toko kelontong di Al Nahda 1 di Sharjah menjual lebih dari 40 peti telur setiap hari. Harga satu peti telur dimulai dari 18 dirham (Rp 75 ribu) per peti dan naik hingga 30 dirham (Rp 126 ribu).

“Kami telah mendengar tentang kenaikan harga tetapi belum memiliki gambaran yang jelas. Saat kami mendapatkan informasi tentang ini dari pemasok kami, kami bisa memutuskan harga jual kami,” kata seorang pedagang grosir yang menolak disebutkan namanya.

Toko kelontong di Sharjah dan Dubai juga menyoroti permintaan telur selama bulan Ramadhan jauh dibandingkan dengan bulan-bulan biasa.

Sedangkan di restoran dan kafe, Ramadhan ini tidak meningkatkan pasokan mereka terhadap ayam utuh. Banyak pemilik restoran dan kafe telah mengkonfirmasi bahwa penjualan selama Ramadhan akan sedikit menurun.

“Kami menjual lebih banyak gorengan dan makanan ringan dibandingkan dengan makanan selama bulan suci Ramadhan," kata Pravin, yang memiliki restoran di Deira.

“Namun, kami menunggu pembaruan dari pemasok kami untuk memutuskan harga baru. Harga shawarma ayam dan roti gulung mungkin tidak berubah karena kami hanya menggunakan beberapa gram di masing-masing. Tetapi jika ada kenaikan tajam, kita mungkin harus menaikkan harga," kata Pravin.

Dia menambahkan, seluruh hidangan seperti arang ayam dan panggangan ayam mungkin menyaksikan sedikit perubahan harga, mungkin naik menjadi 2 dirham atau 3 dirham.

Namun, penduduk percaya biaya peti telur di UEA lebih murah daripada di kebanyakan negara. "Saya telah tinggal di banyak negara Eropa, Kanada dan Qatar, tetapi biaya telur per peti lebih rendah di Emirates," kata Bilal Saeed, seorang ekspatriat Kanada-Suriah yang tinggal di Sports City.

“Karena rutinitas olahraga saya, saya mengonsumsi sekitar tiga telur setiap hari, yang harganya sekitar 50 dirham per bulan. Namun, mengingat ada kenaikan harga, saya harus membayar lebih banyak,” tambah Saeed.

Beberapa penduduk harus membayar sekitar 50 dirham lebih karena kenaikan harga. "Ini mungkin tidak memberatkan karena kenaikan harga hanya untuk beberapa bulan, dan saya merasa itu bisa dikelola," kata Firas Abu Salem, penduduk Al Nahda 1 di Sharjah.

Sumber:

https://www.khaleejtimes.com/uae/uae-increases-prices-of-eggs-chicken-will-your-shawarma-cost-more-after-the-temporary-hike