Aneka Pilihan Masakan Timur Tengah untuk Berbuka Puasa

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Senin 27 Mar 2023 16:00 WIB

Chicken mandi rice, salah satu menu utama Ramadhan dari Aloft South Jakarta. Foto:

1

2. Chicken curry (kari ayam)

Ini adalah kari ayam dengan kuah kental berwarna kuning. Ayamnya empuk dan rasanya pekat.

photo
Aneka menu Timur Tengah disajikan di Hotel Aloft South Jakarta untuk berbuka puasa. - (Dok Aloft South Jakarta)

"Chicken curry pasangan kubus roti. Ayam bumbu kari kuning dengan green olive, cengkih, dan kayu manis, serta kuah kari," ungkap chef Faisal.

Menurut chef Faisal, kari ayam ini sangat cocok dimakan dengan roti kubus (versi Arabian) atau naan bread (versi India). Kari ayam disajikan dimangkuk bersanding dengan potongan roti. Cara makannya, cocolkan roti ke dalam kari ayam.

3. Vegetable tagine

Selain kari ayam, roti kubus juga cocok dimakan dengan vegetable tagine yang berasal dari Lebanon. Ini adalah sayuran berkuah kental yang rasanya juga sama pekat dengan kari. Sayurannya terdiri dari wortel, kentang, tomat, dan terung.

"Kaldunya dari rempah-rempah dan pasta tomat," ujar chef Faisal.

Menurut chef Faisal, cara makan vegetable tagine juga sama dengan kari ayam dan roti kubus. Rotinya dicocol ke dalam kuah vegetable tagine atau bisa juga kuahnya disiram diatas roti. Rasanya enak, apalagi jika disajikan dalam keadaan hangat.

Semua makanan Timur Tengah tersebut jenisnya berat. Karena itu, menu itu harus diseimbangkan dengan acar dan bawang merah.

"Mengingat semua tinggi kalori, kolesterol pasti naik, apalagi kalau nasinya dipasangkan dengan lamb," kata chef Faisal.

Terpopuler